Wisata Budaya ke Thailand, Saksikan Olahraga dan Seni Bela Diri Muay Thai

By SHIETRA - August 27, 2019

wisata Budaya ke Thailand, Saksikan Olahraga dan Seni Bela Diri Muay Thai
wisata Budaya ke Thailand, Saksikan Olahraga dan Seni Bela Diri Muay Thai

Muay Thai dan Thai Boxing, adalah dua jenis olahraga turnamen bela diri khas Thailand, dimana yang unik daripadanya ialah para petarungnya akan seolah menarikan tarian khas petarung Thai sebelum memulai pertarungan. Tarian unik sekali.
Antara Muay Thai dan Thai Boxing hampir mirip, hanya saja pada Thai Boxing menggunakan sarung tangan tinju layaknya olah raga tinju di Barat, hanya saja tidak sekaku aturan tinju di Barat. Yang lebih orisinil tradisional budaya Thailand, ialah Muay Thai.
Muay Thai maupun Thai Boxing sama-sama menjadi primadona pertunjukan hiburan yang sangat digemari oleh pengunjung wisatawan lokal dan juga tidak kalah mengundang minat bagi turis asing di Thailand. Karena itulah, serasa akan kurang bila berwisata dan berkunjung ke Thailand tanpa menyempatkan diri menyaksikan turnamen Muay Thai.
Muay Thai adalah olahraga nasional Kerajaan Thai, turunan dari bela diri kuno Muay Boran. Kata “Muay” berasal dari bahasa Sanskerta "mavya" ("tinju bela diri") dan Thai berasal dari kata "Tai" ("suku Thai"). Muay Thai disebut sebagai "Seni Delapan Tungkai" mengingat tehniknya sangat beragam mulai dari pukulan, dorongan, kuncian, tendangan, siku dan serangan lutut.
Olahragawan Muay Thai dikenal dengan sebutan “nak Muay”, sedangkan olahragawan dari Barat, kulit putih atau non-Asia, disebut sebagai “nak Muay farang”, yang berarti "petinju asing".
Konon, Muay Thai telah ada selama dua ribu tahun. Di Kerajaan Thai, Muay Thai berevolusi dari Muay Boran ("tinju kuno"), sebuah metode pertempuran tangan kosong yang mungkin telah digunakan oleh tentara bangsa Siam setelah kehilangan senjata mereka di pertempuran.
"Muay" kemudian menjadi berevolusi menjadi sebuah olahraga dengan “seni” di mana dua lawan bertempur di depan penonton yang pergi untuk melihat hiburan, bahkan menjadi hiburan bagi raja-raja Siam (dahulu Thailand bernama Siam, satu-satunya negara di Asia yang tidak pernah berhasil dijajah oleh bangsa kolonial). Akhirnya, para petarung yang sebelumnya bertelanjang tangan mulai mengenakan balutan kain di sekitar tangan dan lengan. Tradisi "Muay" sebagai pelindung kerajaan ini berlanjut sampai masa pemerintahan dari Raja Rama V (1868 – 1910) dan Rama VII (1925 – 1935).
Petarung Muay Thai saling bertukaran pukulan satu sama lain, suatu gaya tradisional di Kerajaan Thai, namun disebutkan sebagai suatu bentuk bela diri yang kurang populer dalam panggung dunia bela diri modern Barat dimana gaya bertukar pukulan dengan pukulan ala Thai dianggap tidak lagi menguntungkan. Hampir semua teknik dalam Muay Thai seluruh tubuh dalam malancarkan serangan sehingga lebih dinamis ketimbang boxing ala Barat, memutar pinggul dengan setiap tendangan, pukulan, siku dan tangkisan.
Siku lengan dapat digunakan dalam beberapa cara sebagai senjata serangan, berbeda dengan peraturan tinju ala Barat. Petarung Thai juga terlatih untuk selalu menangkis dan menyerang dengan tulang kering. Dahsyatnya teknik-teknik dalam Muay Thai, disebutkan dalam suatu laporan dokumenter bahwa serangan ala Muay Thai adalah yang paling mematikan ketimbang olahraga bela diri lainnya. Mungkin karena sejarah terciptanya, Muay Thai menjadi ilmu bela diri yang muncul sekitar 2000 tahun yang lalu pada masa konflik dan peperangan.
Sebagai salah satu bela diri tangan kosong, Muay Thai memiliki sikap dan gerakan yang hampir sama seperti olahraga tinju, itulah sebabnya Muay Thai disebut juga dengan Thai Boxing ketika kepalan tinju petarungnya dibalut sarung tinju ala Boxing Barat. Dewasa ini, kaum wanita pun mulai menyukai olah raga satu ini.
Berlatih Muay Thai diyakini bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, dimulai dari membentuk mental yang kuat dan tahan banting. Dengan mental yang kuat ini akan terciptakan rasa percaya diri dan sikap disiplin tinggi dalam melakukan setiap kegiatan sehari-hari.
Manfaat kedua, ialah membentuk tubuh ideal. Teknik gerakan dalam Muay Thai adalah pergerakan yang membutuhkan pengerahan tenaga yang optimal, sehingga kita akan mengeluarkan keringat, pada gilirannya dapat membakar kalori serta lemak dalam tubuh, meningkatkan ketahanan fisik, dan pada akhirnya akan mendorong terciptanya tubuh yang proporsional dan ideal. Muay Thai juga cocok bagi para wanita yang ingin membekali dirinya dengan ilmu bela diri sekaligus membentuk tubuh langsing ideal yang tentu saja, bebas dari lemak.
Ada juga yang menyebutkan, asal muasal Muay Thai berawal dari abad ke – 12 M, tepatnya di kerajaan Thai, terjadi peperangan yang menyebabkan kerajaan Thai kekurangan senjata. Lalu para prajurit berinisiatif untuk mempelajari bela diri Muay Boran.
Seni bela diri yang tadinya bernama Muay Boran, berangsur-angsur berganti nama menjadi Muay Thai. Gerakan–gerakannya pun mengalami sedikit perubahan. Muay Thai pada mulanya dipakai untuk berperang serta hal kekerasan lainnya. Tapi seiring perkembangan zaman, Muay Thai dijadikan sebagai media hiburan dan olahraga hingga turnamen hingga saat kini.
Muay Thai kini berkembang hingga ke seluruh dunia. Pada saat perang dunia II, pasukan-pasukan Thailand dikirim untuk pergi bertempur ke luar negri, disana mereka berbaur dengan pasukan negara lain dari Eropa. Para prajurit dari Eropa melihat bela diri yang dilakukan prajurit Thailand dan mereka pun tertarik untuk mempelajarinya. Di dunia ini, selain Kung-Fu, Muay Thai menjadi seni bela diri paling digemari oleh masyarakat di Barat.
Sumber sejarah : Dihimpun dari berbagai sumber.
Wisata Budaya ke Thailand, Saksikan Olahraga dan Seni Bela Diri Muay Thai
Sobat KWANG juga mungkin suka menyimak artikel terkait “layanan unggulan” kami ini: (pada link di bawah ini)
CANTIK, Dijual perhiasan emas imitasi impor cantik berkualitas KWANG EARRING, Toko Online Jakarta
Karena KWANG adalah teman terbaik mu! 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Ikuti juga sosial media kami pada business.facebook, dengan akun : "Expat 2 Local Thai" / @guideriana

Rincian layanan JasTip (Jasa Titip) produk Thailand, dapat dilihat pada menu "Jasa Pencarian, Jasa Titip, dan Pengiriman Produk Thailand ke Indonesia".

Rincian layanan Private Tour Guide di Bangkok-Thailand, dapat dilihat pada menu "Private Tour Guide Riana".

NOTE REDAKSI : Seluruh info kontak dalam website ini diperuntukkan khusus untuk tujuan pemesanan dan bagi pengguna jasa layanan yang kami tawarkan dalam website ini. Menghubungi kami diluar peruntukan tersebut, dimaknai sebagai menyalah-gunakan nomor / email kontak kerja profesi kami, tidak akan ditanggapi.

Mohon kesediaan menunggu sejenak bila belum ada tanggapan secara segera, karena faktor kesibukan atau karena lain sebab. Pemesanan akan kami respons sesegera yang kami mampu.

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077 [PENTING : Pastikan simbol "+" disertakan sebelum input prefiks "66" dalam daftar nomor kontak pada perangkat seluler penelepon];
- email: guide.riana@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

Konsumen / pengguna jasa dapat melakukan pemesanan pada nomor kontak / email yang tercantum dalam menu "HUBUNGI KAMI" atau pada rincian "contact person" di atas, bukan pada kolom komentar pada posting website.

Kami tunggu pesanan teman-teman sekalian dimana pun berada, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.

Salam hangat dari Bangkok, Thailand.
ttd
GUIDE RIANA