Manfaat dan Khasiat Buah Murbei / Mulberry

By SHIETRA - November 20, 2019

Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry

Sudah pernah melihat buah murbei? Atau bahkan Sobat bahkan belum pernah melihat pohon murbei terlebih buahnya? Apakah tidak mungkin, mencicipi buah murbei, berhubung buahnya tidak mungkin dapat Sobat jumpai dijual pada rak pajangan produk buah di toko-toko ritel maupun di pasar tradisional?
Sebenarnya tidak mustahil dan mudah saja untuk bisa mengkonsumsi rutin buah murbei, karena pohon murbei dapat ditanam pada pekarangan rumah sendiri semudah melakukan stek pada batang murbei yang sangat mudah untuk tumbuh, tidak membutuhkan banyak perawatan, dan tidak menuntut banyak air atau perlakuan tertentu untuk bisa tumbuh.
Murbei juga tidak menuntut media tanam tertentu untuk bisa tumbuh, bahkan pada sebuah tanah liat kering pun ternyata bisa tumbuh subur. Itulah jawaban sekaligus kabar baik atas pertanyaan, bagaimana cara menanam pohon murbei?
Dimana sajakah murbei dapat tumbuh? Murbei dapat tumbuh dimana saja, musim apa saja. Buktinya, KWANG mencoba menanam pohon murbei dengan cara stek batangnya pada rumah KWANG di Jakarta (Indonesia) maupun di Bangkok (Thailand), ternyata semuanya tumbuh dengan suburnya dan dapat berbuah.
Seperti apakah wujud buah murbei? Buah murbei sangat mirip buah anggur, hanya saja “versi mini”. Awalnya buah murbei ketika masih kecil sekali, berwarna hijau kekuningan, lama-lama menjadi memutih, sebelum kemudian membesar menjadi berwarna merah, dan benar-benar akan masak sempurna pada warna hitam atau keunguan. KWANG tidak merekomendasi agar baru dipetik saat buah murbei berwarna hitam, karena sangat rentan rontok tertiup angin.
Yang unik, buah murbei tidak asam ataupun pahit, sekalipun belum berwarna merah atau ungu. Keunikan kedua, pohon murbei tergolong sangat produktif berbuah, bahkan KWANG bisa panen setiap tiga hari sekali! Keunikan ketiga, sekalipun baru tumbuh setinggi perut, tumbuhan murbei ternyata sudah bisa BERBUAH! Karena itulah, murbei lebih cocok disebut sebagai tumbuhan atau tanaman, ketimbang “pohon”.
Daun muda murbei pun ternyata enak untuk dilalap, tidak pahit dan tidak getir, mirip sayur! Hanya saja, yang menjadi alasan mengapa Sobat tidak dapat menemukan buah murbei di pasar maupun di toko-toko ritel, karena bulirnya sangat mudah rontok ketika disentuh.
Karena itulah, KWANG harus sangat berhati-hati ketika menyentuh buah murbei saat hendak dipetik. Tersentuh sedikit saja, buahnya kadang sudah rontok, terutama yang telah berwarna ungu atau merah.
Kedua, bulir buahnya mudah sekali rontok dari pangkalnya, karenanya sangat tidak memungkinkan untuk didistribusikan ke pasar-pasar. Kabar baiknya, setiap rumah sebenarnya dapat menanam sendiri di pekarangan rumah, dengan pot kecil juga bisa tumbuh dari pengalaman KWANG. Pokoknya tidak merepotkan tumbuhan unik satu ini. Memangkas ranting dan dahannya pun tidak sukar, dapat dilakukan sendiri dengan alat sederhana rumahan.
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Murbei, konon asalnya dari daratan Tiongkok alias China. Mungkin karena begitu mudahnya tumbuhan ini tumbuh dan survive dalam kondisi tanah seperti apapun, karena itulah ia dapat tumbuh subur di seluruh penjuru dunia.
Tumbuhan murbei, memiliki bentuk daun yang khas, dan selama ini menjadi makanan ulat sutera, itu loh, ulat yang kepompongnya dapat dipintal menjadi benang sutera yang halus dan bernilai tinggi.
Istilah murbei (morus) sering juga disebut dengan nama “bebesaran” atau “mulberry”, sebagai sinonim nama buahnya. Dikutip dari JPNN.com (2/1/2018), disebutkan juga bahwa rebusan daun pohon murbei bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan iritasi.
Buahnya disebut-sebut memiliki banyak manfaat, seperti memiliki khasiat untuk kecantikan wajah, yang tidak hanya menjadikan kulit wajah jadi putih, tapi juga terjaga kelembabannya.
Buah murbei memiliki banyak kandungan gizi spesial. Kandungannya yaitu protein, zat besi, kalsium, vitamin K, E, C, A, niacin, folat, tiamin, dan serat. Buah murbei juga mengandung antosianin, b karoten, A karoten, dan lutein (yang sangat baik untuk mata).
Lutein ada di sayur seperti bayam dan brokoli, namun seringkali rusak karena proses memasak. Namun buah murbei tidak perlu dimasak untuk bisa dimakan, sehingga kandungan luteinnya tetap utuh saat dikonsumsi.
Sebagai herbal antikanker, murbei menyehatkan tubuh kita dengan cara memberikan nutrisi bagi sel tubuh dengan lebih efektif. Kandungan nutrisi dalam buah murbei akan menguatkan tubuh kita sehingga tidak terjangkit tanda-tanda stroke. Yang sudah terjangkit stroke pun bisa mengonsumsi buah ini dengan rutin.
Murbei berfungsi sebagai buah yang menyaring darah Anda sehingga kotoran yang masuk bisa dikeluarkan kemudian dibuang ke luar tubuh. Kandungan gizi yang baik di dalam buah murbei akan masuk ke dalam ginjal sehingga kamu kita bisa terbebas dari penyakit.
Buah murbei dapat membantu tubuh dalam menghilangkan berbagai macam racun yang biasanya masuk ke dalam organ hati, sehingga tidak akan berkembang menjadi penyakit.
Buah murbei juga disebut bagus bagi pasien yang sedang dalam masa pemulihan sehabis operasi atau penyembuhan karena penyakit lainnya. Jika mengonsumsi buah ini, maka tubuh kita bisa lebih cepat pulih.
Buah murbei tidak memengaruhi kadar gula dalam darah sehingga tidak akan menimbulkan efek samping jika dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan gizi dalam buah ini membuat fungsi antidiabetes yang ampuh.
Ukuran buah murbei yang kecil tidak mengurangi manfaatnya sebagia buah bergizi untuk kesehatan jantung yang dapat mencegah penyakit jantung. Yang tidak kalah menarik, murbei berkhasiat dalam menurunkan kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh. Kolesetrol jahat perlu dibuang dari tubuh agar tidak menimbulkan penyakit.
Nafsu makan yang hilang dan tidak teratur, konon bisa kita coba dengan mengkonsumsi buah murbei. Kandungan alami dalam buah murbei tidak akan membuat tubuh kita menjadi semakin gemuk, bila kita sertai dengan tetap rajin berolahraga tentunya.
Murbei konon mampu menurunkan darah tinggi, membersihkan darah, dan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Di China, murbei merupakan bahan alami yang dikabarkan populer sebagai obat darah tinggi.
Produksi sel darah merah dapat meningkat sebab tingginya kandungan zat besi dalam murbei, sehingga bisa menjadi solusi herbal bagi penderita anemia. Selain produksi sel darah merah, murbei juga berfungsi sebagai obat penghilang pusing dan rasa lemas yang umumnya jadi keluhan dari penyakit kekurangan darah merah.
Zeaxanthin adalah zat penting dalam murbei yang bisa mengurangi stres okisidatif pada sel-sel mata. Murbei memiliki pula kesamaan dengan wortel yang mengandung karotenoid yang bisa mencegah terjadinya katarak dan degenerasi makula.
Gangguan tubuh musiman seperti flu dan pilek, bisa sangat mengganggu aktivitas. Gangguan tubuh ringan tersebut bisa memberikan dampak yang cukup menganggu, seperti pusing, hidung tersumbat dan bersin-bersin.
Buah murbei disebut-sebut dapat mengatasi flu maupun pilek. Murbei merupakan obat alami untuk flu dan pilek, terlebih jenis murbei putih yang punya kandungan  Vitamin C dan flavonoid lebih tinggi. Kedua kandungan penting tersebut adalah kunci dari pencegahan flu dan pilek.
Vitamin K, kalsium, dan zat besi merupakan perpaduan sempurna bagi tulang. Ketiganya terkandung dalam buah murbei yang punya manfaat lain bagi jaringan tulang. Nutrisi tadi membuat mereka yang telah cukup umur dapat terhindar dari masalah sendi atau masalah degeneratif seperti tulang osteoporosis.
Di beberapa negara kawasan Afrika dan Asia Timur, dimana tanaman murbei banyak dijumpai, daun murbei lazim dimanfaatkan sebagai tanaman pakan ternak. Tidak hanya untuk ulat sutra, tetapi juga untuk pakan sapi, kerbau hingga unggas. Ini karena pemberian pakan dengan daun murbei diyakini memberikan manfaat terhadap stamina, ketahanan tubuh dan pembentukan massa otot dari hewan ternak.
Tidak terkecuali, sejumlah manfaat juga bisa kita dapatkan bila daun murbei dikonsumsi oleh manusia.
Menurut sumber The American Journal of Chinese Medicine pada 2012, daun murbei mengandung sejumlah gallic acid atau asam galik yang dapat bekerja menurunkan kadar glukosa dalam darah.
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Manfaat dan Khasiat Buah Murbei atau Mulberry
Dalam riset lain yang dijurnalkan dalam Diabetic Care 2007, disampaikan hasil riset terhadap pasien diabetes tipe 2 yang bisa mengatasi kecenderungan tubuh untuk menambah kadar glukosa darah pasca mengkonsumsi sukrosa murni. Dalam jurnal yang sama juga disimpulkan bahwa rutin minum secangkir kecil teh daun murbei setiap hari dapat mencegah seseorang mengalami kenaikan kadar glukosa yang memicu diabetes.
Manfaat kesehatan daun murbei lain adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dijurnalkan dalam BioMed Research International tahun 2013. Dalam riset ditemukan bahwa pemberikan asupan 280 gram bubuk daun murbei kering untuk 3 kali sehari selama 3 bulan, terbukti menurunkan kadar trigliserida dan LDL hingga lebih dari rata-rata 60%.
Hal senada juga pernah dijurnal dalam The Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition tahun 2010. Dalam jurnal ini juga diungkap pencegahan kenaikan kadar kolesterol darah dengan mengasup 24 miligram bubuk daun mulberry tiap harinya atau mengasupnya sebagai teh.
Menurut The Journal of Functional Foods tahun 2013, terbukti bahwa dalam daun mulberi atau murbei memang memiliki kandungan anti inflamasi (berfungsi untuk mencegah dan mengatasi peradangan). Mengasup teh daun murbei akan mencegah iritasi kecil berkembang menjadi peradangan. Daun murbei akan membantu mengatasi peradangan pada jaringan, mempercepat perbaikan jaringan dan regenerasi sel. Kandungan flavonoid dan antosianinnya sangat efektif menstimulasi regenerasi sel.
Selain karena memiliki khasiat mengatasi kolesterol, terbukti bahwa dalam daun dan buah murbei ditemukan kandungan resveratrol yang bekerja mestimulasi aliran darah sehingga sirkulasi darah akan kembali lancar. Tubuh akan menghantarkan nutrisi dan oksigen dengan lebih optimal, sehingga membantu mengaktifkan kembali sel-sel yang mengalami penurunan fungsi, memperbaiki fungsi organ dan memperbaiki kondisi kulit.
Dalam riset yang dijurnalkan dalam Evidence Based Complement Alternat Medicine tahun 2013, disebutkan bahwa daun murbei memiliki kandungan antioksidan memadai untuk bekerja sebagai anti kanker. Kandungan antosianin, quercetin, polifenol, kaemferol dan methanolic acid terbukti bekerja dengan fungsi menghambat terjadinya kerusakan DNA dan kerusakan fungsi regenerasi sel yang bisa memicu terbentuknya sel kanker.
Kandungan potasium dalam daun murbei cenderung cukup tinggi. Potasium sangat efektif dalam membantu memperbaiki komposisi darah dan mengembalikan tekanan darah kembali normal.
Perihal manfaat bagi daya tahan tubuh, kandungan zat besi, vitamin C dan sejumlah antioksidan yang dapat kita konsumsi dari daun murbei akan bekerja membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas, menghantarkan cukup oksigen ke sistem imunitas serta membantu menstimulasi fungsi imunitas dalam melawan serangan virus dan bakteri.
Menurut pengobatan China kuno, teh daun murbei telah lama dikenal sebagai herbal berkhasiat. Daun murbei akan bekerja sebagai tonik anti flu, tonik untuk memperbaiki kondisi tubuh, meningkatkan metabolisme dan menjaga stamina.
Kandungan vitamin B dan zat besi dalam daun murbei cukup tinggi. Ini menyebabkan daun murbei dikenal secara umum sebagai salah satu terapi herbal untuk mengatasi anemia. Manfaat kesehatan daun murbei lain adalah membantu meningkatkan kosentrasi dan menjaga stamina tubuh, karena kandungan vitamin B ternyata juga berperan besar dalam proses pembentukan energi.
Kandungan vitamin A dan betakaroten dalam daun murbei sangat tinggi. Dan karenanya daun murbei sangat berkhasiat untuk kesehatan mata, mencegah kerusakan dan mengatasi kerusakan ringan pada retina, lensa dan sistem saraf mata.
Meski dalam daun murbei ditemukan sejumlah kandungan potasium yang kerap menyebabkan terjadinya pembentukan endapan dalam ginjal, terbukti pula mengasup daun murbei juga bekerja mengurangi kadar residu protein dalam ginjal dan membantu menetralisir kadar racun dalam tubuh hingga meringankan tugas hati dan ginjal. Setidaknya demikian yang diungkapkan dalam BioMed Research International tahun 2012.
Kolesterol terjadi akibat proses oksidasi kolestrol jahat (karenanya kita setiap hari perlu mendapat asupan antioksidan untuk mencegah proses oksidasi terhadap kolesterol). Pada buah murbei terdapat kandungan vitamin C dan zat kuersentin. Dua kandungan tersebut mengikat oksigen yang bisa mencegah proses oksidasi (ternyata oksigen berlebihan termasuk sebagai radikal bebas bagi tubuh kita).
Selain menurunkan kolesterol, buah murbei juga dapat menjaga kesehatan mata Anda. Kenapa? karena pada buah ini ditemukan vitamin A yang tentunya kita ketahui sangat baik untuk kesehatan mata kita.
Daya tahan tubuh (sistem imun) yang menurun membuat kita mudah terserang penyakit. Buah murbei bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya akan kandungan vitamin C.
Agar kulit tetap sehat, kita perlu rajin mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C dan zat antioksidan. Ternyata, buah murbei mengandung vitamin C dan juga antosianin, yakni jenis antioksidan yang lebih kuat dari buah lain yang mengandung antioksidan. Tak hanya itu, antioksidan pada buah murbei juga bisa menghapus bintik gelap pada wajah.
Buah murbei mengandung antosianin, senyawa flavanoid, yang bisa melindungi sel dari ultraviolet. Setiap 100 gram buah murbei memiliki kadar antosianin sebanyak 1993 mg. Zat antosianin bisa mengobati penyakit seperti serangan jantung, kanker, diabetes dan ateroskelorosis.
Dilansir dari Healthline, murbei atau mulberry segar terdiri dari 88% air dan hanya memiliki 60 kalori per cangkir (140 gram). Dalam 140 gram murbei, mereka menyediakan 9,8% karbohidrat, 1,7% serat, 1,4% protein, dan 0,4% lemak.
Berikut adalah nutrisi utama dalam 100 gram mulberry segar:
- 43 kalori
- Air: 88%
- Protein: 1,4 gram
- Karbohidrat: 9,8 gram
- Gula: 8.1. gram
- Serat: 1,7 gram
- Lemak: 0,4 gram.
Mulberry juga kaya akan banyak vitamin dan mineral, khususnya vitamin C dan zat besi:
- Vitamin C. Vitamin C merupakan vitamin eesensial yang penting untuk kesehatan kulit dan berbagai fungsi tubuh.
- Besi. Besi merupakan mineral penting yang memiliki berbagai fungsi, seperti mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
- Vitamin K1. Juga dikenal sebagai phylloquinone, vitamin K penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.
- Kalium. Kalium yaitu mineral penting yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.
- Vitamin E. Yaitu antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan oksidatif.
Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak mulberry dapat mengurangi lemak berlebih dan menurunkan kadar kolesterol. Murbei juga juga dapat meningkatkan keseimbangan antara LDL (buruk) dan kolesterol HDL (baik).
Selain itu, murbei juga dapat mengurangi pembentukan lemak di hati, sehingga berpotensi membantu mencegah penyakit hati.
Orang dengan diabetes tipe 2 beresiko mengalami peningkatan gula darah dengan cepat ketika mereka mengonsumsi karbohidrat secara tidak tepat. Sementara, dalam buah mulberi ternyata mengandung senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ), yang menghambat enzim dalam usus Anda yang memecah karbohidrat. Karena itu, mulberry mungkin bermanfaat mengobati diabetes dengan memperlambat peningkatan gula darah setelah makan.
Meningkatnya stres dalam tubuh dapat menginduksi kerusakan oksidatif dalam sel dan jaringan, yang berhubungan dengan peningkatan risiko kanker. Selama ratusan tahun, mulberry telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional Tiongkok sebagai obat melawan kanker. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dalam jus mulberry dapat mengurangi stres oksidatif, dengan kata lain murbei dapat mengurangi risiko kanker.
Seperti kebanyakan buah dan sayuran, mulberry mengandung serat yang cukup tinggi, serta menghasilkan sekitar 10% dari kebutuhan harian Anda dalam satu porsi. Serat makanan ini tentu saja bisa membantu meningkatkan pencernaan, sehingga mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, di samping itu buah yang satu ini bisa juga mengurangi terjadinya sembelit, kembung, dan kram. Lebih jauh lagi, serat dalam mulberry juga membantu mengatur kadar kolesterol dan dapat meningkatkan kesehatan jantung saat ditambahkan secara teratur ke dalam makanan.
Tingginya kadar zat besi dalam mulberry dapat secara signifikan meningkatkan produksi sel darah merah. Ini berarti bahwa tubuh akan meningkatkan distribusi oksigen ke jaringan dan organ penting, sehingga membantu meningkatkan metabolisme dan mengoptimalkan fungsi sistem tersebut.
Buah murbei berasal dari bahasa latin yaitu morus, buah ini termasuk dalam klasifikasi buah beri. Ukuran buah murbei termasuk kecil karena hanya berkisar seukuran kuku jari kita saja.
Anemia adalah penyakit yang dialami pada tubuh karena kekurangan sel darah merah, kurangnya darah merah pada tubuh menghambat aliran darah untuk memberi oksigen pada organ tubuh. Sebab itu tubuh menjadi mudah lelah dan lesu sehingga berdampak pada aktivitas kamu.
Buah murbei memiliki kandungan zat besi di dalamnya, zat besi mampu untuk membentuk sel darah merah sehingga jika kita makan buah ini kita menjadi tidak akan kekurangan sel darah merah.
Jika kita telah terlanjur mengalami anemia, kamu juga bisa memanfaatkan buah beri sebagai bentuk pengobatan herbal untuk membuat asupan zat besi harian menjadi terpenuhi.
Buah murbei mengandung vitamin A, vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Memenuhi kebutuhan vitamin A di dalam tubuh bisa memperkuat dan mempertajam penglihatan pada mata kamu.
Selain itu mengonsumsi buah beri secara teratur juga berpotensi mengurangi ketegangan yang bisa membuat sel-sel mata menjadi stres. Mata kita juga akan terhindar dari risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula dengan mengkonsumsi buah murbei.
Antioksidan sangat baik bagi tubuh karena bisa menangkal radikal bebas yang bisa memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Selain itu antioksidan juga berguna untuk mencegah terjadinya penuaan. Buah murbei memiliki antioksidan, jadi dengan makan buah ini tubuh kita akan tahan dari paparan radikal bebas dan penuaan dini.
Selain buah murbei kaya akan antioksidan dan zat besi, murbei juga menghasilkan vitamin C. Kegunaan dari vitamin ini bisa membantu daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat dapat mengurangi risiko mengalami penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.
Terlebih jika cuaca sedang lagi tidak menentu, hal itu tentu bisa membuat kondisi tubuh menjadi rentan terhadap penyakit seperti flu, batuk, dan demam. Mempertahankan daya tahan tubuh bisa kita lakukan dengan banyak cara salah satunya dengan mengonsumsi buah murbei.
Warna merah dan keunguan pada buah murbei berasal dari pigmen yang dihasilkan oleh senyawa antosianin, selain membuat warna buah menjadi segar. Antosianin bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan, sebab mampu menghambat aterogenesis dengan memberi oksidasi terhadap lemak jahat pada tubuh.
Mengkonsumsi buah murbei 100 gram, kita akan mendapatkan antosianin sebesar 1993 mg, senyawa ini juga membantu kita dalam mengontrol kadar gula di dalam tubuh. Sehingga kondisi tubuh akan lebih sehat dan bisa mencegah risiko terkena penyakit diabetes.
Tidak cuma bermanfaat untuk kesehatan tetapi buah murbei juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kulit yang lembap dan halus adalah tanda kulit yang kesehatannya terjaga.
Buah murbei bisa mengatasi kulit yang kering akibat sensitif terhadap cuaca atau hal lainnya. Sobat bisa mencampurkan minyak kelapa atau olive oil (minyak zaitun) dengan buah mulberry, kemudian oleskan pada kulit yang kering. Setelah itu Sobat akan merasakan perbedaannya, kulit kita juga akan terhindar dari iritasi dengan lotion yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti ini.
Sudahkan Sobat menanam tumbuhan murbei di pekarangan rumah Sobat hari ini? Karena KWANG EARRINGS adalah teman terbaik mu! 😊
SUMBER RUJUKAN MANFAAT / KHASIAT BUAH MURBEI:
https:// www. inibaru .id/herbalicious/wajahmu-ingin-kinclong-ambil-buah-murbei
https:// www. idntimes .com/health/fitness/al-735/manfaat-buah-murbei-exp-c1c2/full
https:// www. deherba. com/manfaat-daun-murbei-untuk-aneka-ragam-keluhan.html
https:// merahputih .com/post/read/ini-manfaat-buah-murbei-yang-jarang-diketahui-orang
https:// id. theasianparent .com/manfaat-buah-murbei
https:// www. popmama .com/life/health/ainun/manfaat-buah-murbei/full

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Untuk memesan Asesoris Perhiasan Imitasi Impor Berkualitas KWANG EARRINGS. baik eceran maupun dengan grosiran, silahkan kirimkan pemesanan Anda (Mohon cantumkan link url asesoris yang dipesan untuk kami pastikan ketersediaan stok produk). Tidak ada minimum pembelian jumlah item secara eceran, Bagi yang membeli secara grosir, mendapat diskon khusus. namun disertai ongkos kirim kurir JNE dari Jakarta, Indonesia:
- instagram dengan ID kwang_earrings
- email, telepon ataupun chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA
- WhatsApp : (+62) 0817-4924-150.
- Juga Follow kami di Facebook: kwang_earrings

Syarat & Ketentuan:
- kerusakan dalam proses pengiriman, diluar tanggung jawab kami selaku penjual / supplier.
- tidak disertakan garansi, karena produk yang kami kirimkan dipastikan dalam kondisi baik dan utuh saat proses pengepakan dan pengiriman ke alamat pembeli.
- produk yang telah dipesan dan dikirimkan, tidak dapat dibatalkan ataupun ditukar.
- jika pelanggan puas atas layanan dan produk kami, mohon kesediaannya untuk dipromosikan ke rekan-rekan dan kerabat.

KWANG EARRINGS mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta pembeliannya. Kami senang dapat membantu para wanita untuk tampil cantik dan manarik, dimana dan kapan pun berada, berapa pun usianya (tanpa batasan umur).
Berjiwa muda dan tampil belia, adalah keajaiban yang dapat dibantu oleh asesoris yang menawan sekaligus memikat. Kami senang dapat menyediakan pilihan perhiasan imitasi yang terjangkau namun tetap memperhatikan kualitas produk yang kami tawarkan secara eceran maupun grosiran.

Kami tunggu pesanan Anda, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.
Peluk dan Cium Erat!

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077 (PENTING : Pastikan simbol "+" disertakan sebelum input prefiks "66" dalam daftar nomor kontak pada perangkat seluler penelepon);
- email, telepon, atau chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

TESTIMONI PEMBELI

TESTIMONI PEMBELI
Klik Gambar untuk Melihat TESTIMONI Pembeli Produk KWANG EARRINGS