Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand

By SHIETRA - December 10, 2019

Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand
Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand
Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand

Tidak semua perjalanan wisata dapat menyenangkan, karena antara realita dan promosi dalam berbagai media online maupun selebaran agen perusahaan-perusahaan tour seringkali lebih indah tampak di foto, ketimbang realitanya.
Tidak terkecuali berwisata ke Thailand, karena itulah dalam kesempatan ini Guide Riana hendak mengulas tips-tips sederhana namun sangat penting, agar rencana trip wisata ke Thailand dapat lebih optimal agar tidak membawa kekecewaan bagi peserta tour yang telah jauh-jauh terbang dari negara asalnya ke Thailand.
Sebagai pembuka, mungkin Guide Riana hendak mencontohkan iconic “museum patung lilin” di Bangkok-Thailand yang tidak perlu Guide Riana sebutkan namanya, tampak demikian termasyur dan populer dalam ulasan berbagai media online. Namun, ketika calon turis mancanegara hanya menyimak sepihak informasi dari media yang belum tentu benar demikian, terpesona oleh photo yang ditampilkan, pada akhirnya alih-alih menikmati kunjungan wisata, bisa jadi berujung mendapati kekecewaan karena realita tidak sesuai ekspektasi atau harapan yang sebelumnya dibayangkan.
Betul bahwa “museum patung lilin” di Bangkok tersebut sempat terkenal dan populer saat dibuka pertama kalinya beberapa tahun silam. Namun, kepopulerannya saat kini mulai meredup, dan mulai ditinggalkan oleh pengunjung, hingga sepi sekali keadaannya.
Mungkin diakibatkan faktor mahalnya harga tiket masuk “museum patung lilin” tersebut bagi pengunjung. Media online kerap kali memberikan informasi yang tampak lebih indah di gambar ketimbang kenyataannya. "Museum" patung lilin ini memang bagus kok. Tetapi mungkin karena faktor perubahan zaman, mode pasti ada lewat masa populernya. Dahulu sewaktu pertama kali berkunjung dan melihat langsung, ada perasaan takjub. Kok bisa mirip banget begitu. Sekarang ana lihatnya biasa aja. Sewaktu turis pertama kali berkunjung, pasti kepengen dan suka. Jadi sekarang mulai sepi mungkin bukan karena kualitasnya yang tidak bagus, tetapi karena zamannya sudah lewat. Namun soal harga tiket masuknya memang tergolong mahal.
Siapa sangka, objek wisata iconic yang demikian terkenal seperti “museum patung lilin”, kini tidak lagi tersohor seperti sebelumnya, sekalipun banyak media online mengulasnya dan selalu dijadikan rekomendasi tujuan destinasi bagi turis saat ke Thailand.

Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand

Karena itulah juga, saran, konseling, serta pendapat maupun rekomendasi dari seorang Private Tour Guide, menjadi penting sebelum merencanakan kunjungan wisata ke Bangkok dan wilayah sekitarnya di Thailand. Selalu jadikan saran dan ulasan dari Private Tour Guide sebagai “first opinion”, bukan sebagai “second opinion”. Tidak ada seorang pun Private Tour Guide yang ingin memberikan masukan yang buruk bagi perencanaan wisata klien pengguna jasa.
Namun, yang perlu dipahami, jika klien pengguna jasa tetap bersikukuh ingin mengunjungi suatu objek destinasi, maka Private Tour Guide tidak dapat menolak untuk memandu, karena Private Tour Guide merupakan penyedia jasa yang memberi rekomendasi semata. Keputusan tetap ada di tangan klien pengguna jasa. Pilihan berpulang pada masing-masing klien.
Jika calon wisatawan mancanegara hendak browsing atau riset mencari tahu objek-objek wisata iconic di Thailand, maka anehnya seolah hanya “itu itu saja” yang disebutkan dan ditunjuk objek destinasinya—seolah-olah tiada objek destinasi lainnya di Thailand.
Sesungguhnya, banyak sekali objek wisata di Thailand yang juga iconic bagi warga lokal Thailand, namun jarang diketahui dan jarang diliput oleh media mancanegara. Karenanya, informasi penting demikian hanya diketahui oleh orang-orang yang memang selama ini tinggal dan menetap di Thailand. Informasi penting itulah yang ditawarkan dan disediakan jasanya oleh seorang Private Tour Guide Riana.

Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand

Banyak sekali objek destinasi wisata alternatif, semisal mengunjungi pasar-pasar tradisional di Thailand, gedung-gedung bersejarah di Thailand, ataupun ruang-ruang publik di Thailand dimana peserta tour dapat berbaur di tengah-tengah komunitas warga lokal untuk lebih mendekatkan diri dan dalam rangka mengenal budaya maupun tradisi lokal di Thailand. Mengenal lebih dekat warga lokal Thai, bukankah itu lebih menarik daripada kegiatan wisata yang monoton hanya datang jauh-jauh mengamati pemandangan yang “terkenal” lalu pulang tanpa membawa serta kisah-kisah menarik penuh kesan di Thailand. Thailand bukanlah “itu itu saja”, Thailand tidaklah “selebar daun kelor”.
Bagi yang hendak “wisata kuliner”, jarang terpikirkan oleh peserta tour bahwa “wisata kuliner” pun dapat dilakukan dengan mengunjungi pasar-pasar tradisional di Thailand, agar peserta tour dapat melihat langsung makanan sehari-hari warga lokal Thai dan sekaligus mencicipi masakan serta cemilan tradisional khas Thailand. Opsi wisata unik semacam ini, hanya dapat ditawarkan oleh Private Tour Guide. Hal-hal sederhana semacam itu, bahkan tetap dapat memiliki kesan tersendiri bagi wisatawan mancanegara.
Mengapa juga harus menoton objek wisata yang “itu itu saja”? Padahal, dengan mengunjungi objek destinasi yang agak “kurang lazim” karena kurang terkenal oleh berbagai media, peserta tour dapat memiliki cerita untuk dibawa pulang yang pastilah berbeda dengan pengalaman peserta tour perusahaan agen tour konvensional yang seringkali kurang berkesan karena menjadi demikian “berjarak” dengan komunitas dan kehidupan warga lokal di Thailand. Ibarat mengunjungi Thailand sebagai ikan dalam akuarium mengamati kehidupan warga Thai dari jarak jauh (berjarak), atau bahkan seolah menjadikan warga lokal Thai sebagai ikan dalam akuarium untuk diamati dari jauh.
Padahal, peserta tour dapat berbaur di tengah-tengah masyarakat lokal Thailand karena warga lokal Thai terkenal sangat ramah dan bersahaja (bukan sekadar gimmick). Salah satu trik sederhananya, ialah menggunakan transportasi publik Thailand ketika berpetualang menjelajahi Thailand.

Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand
Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand

Banyak juga salah kaprah, seolah “wisata kuliner” harus selalu mencicipi masakan di restoran-restoran mewah. Perspektif demikian tidak sepenuhnya dapat diterapkan jika hendak “berwisata kuliner” di Thailand. Berbagai masakan tradisional Thailand, justru lebih mudah dijumpai pada “street food”.
Thailand, justru iconic dengan “street food”-nya itu sendiri. Sehingga, peserta tour hendaknya tidak salah-kaprah jika Private Tour Guide Riana menawarkan atau merekomendasikan mencicipi makanan dan cemilan di “street food”. Membeli makanan dan minuman di “street food”, bisa menjadi atraksi tersendiri, karena peserta tour dapat menyimak langsung dari dekat betapa gesitnya penjaja masakan serta minuman di “street food” yang unik serta cekatan. Bahkan, ada juga “street food” yang pembelinya antri hingga “mengular”.
Akan sukar sekali menemukan informasi “street food” mana yang direkomendasi oleh media-media mancanegara. Hanya warga pemukim lokal yang paling tahu “street food” manakah yang paling best-recomended karena memang keseharian mereka telah sering mencobanya.

Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand
Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand

Itulah juga sebabnya, peran seorang Private Tour Guide menjadi penting dan krusial dalam memberikan panduan serta rekomendasi, mengingat tidak mungkin semua “street food” dapat dicicipi satu per satu (perut kita tidak akan bisa memuat semuanya), dikarenakan begitu banyaknya “street food” dapat kita jumpai di Thailand, yang masing-masing punya keunikannya tersendiri.
Itulah mengapa, selalu meminta rekomendasi dari Private Guide menjadi solusi cerdas untuk tidak “try and failure” saat berwisata di Thailand yang begitu luaaaaas... . Bisa-bisa salah makan, “belalang goreng” yang ternyata dipesan dan dikunyah karena menyerupai keripik goreng.
Di Bangkok sendiri, sejauh mata memandang, di mana-mana selalu terlihat “street food”, “street food”, dan “street food”. Hayoo, mau coba yang mana satu per satu? Belum pernah ada ceritanya perut seorang peserta tour mampu menampung semuanya. Selektif, itulah kata kuncinya, yakni meminta rekomendasi dari seorang Private Tour Guide sebagai pilihan cerdasnya.
Jika mengikuti perjalanan agen perusahaan tour konvensional, siap-siaplah untuk melewatkan kesempatan mencicipi “street food”. Sayang sekali, bukan? Padahal, berkunjung ke Thailand, tidaklah lengkap tanpa mencicipi hidangan “street food” yang dapat menjadi cerita penuh kesan tersendiri untuk dibawa pulang.
Klien sewaktu memberi tahu tempat wisata yang klien pengguna jasa inginkan, apabila ada tempat yg menurut Private Guide Riana kurang bagus dan ada peluang mengecewakan atau tidak sesuai harapan, pasti akan diberi tahu oleh Guide Riana. Namun, keputusan akhir tetap berada di tangan klien pengguna jasa, dimana Guide Riana akan membantu mewujudkan keinginan kunjungan wisata.
Sangatlah penting rekomendasi dari seorang Private Tour Guide, karena bisa jadi antara gambar promosi pada berbagai media online, akan bisa berbeda dengan kenyataan di lapangan. Tidak kalah pentingnya juga untuk mengkomunikasikan niat paling utama dari klien pengguna jasa saat menyusun rencana wisata bersama Private Guide, apakah hendak fokus wisata kuliner dan pemandangan, ataukah “wisata berbelanja” yang jadi buruan utamanya, agar Private Guide Riana dapat menyusun rencana detail wisata yang paling sesuai dan akurat dengan minat pengguna jasa Private Tour.

Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand
Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand

Dari berbagai pengalaman Private Guide Riana membawa pengunjung / peserta tour mancanegara, latar belakang minat utamanya sangatlah beragam. Ada yang begitu terobsesi untuk berburu foto ala “photo selfie”, ada juga yang memang tujuan utamanya untuk berbelanja ke mall-mall paling modern dan paling mewah di Bangkok, ada pula yang ingin mengamati dan menikmati keindahan arsitektur bangunan-bangunan tradisional Thailand yang indah dan penuh warna, ada juga yang ingin “wisata kuliner”, yang ingin “wisata kuil”, “wisata medis”, dan berbagai latar belakang lainnya.
Karenanya, pendekatan yang diterapkan Private Guide Riana terhadap masing-masing rombongan peserta tour, akan berbeda pendekatannya dengan rombongan peserta tour dalam kesempatan trip lainnya, selain minat tujuan destinasinya juga saling berbeda. Masing-masing akan disesuaikan dengan minat paling utama kedatangan para klien pengguna jasa untuk berwisata ke Thailand. Dengan begitu, liburan impian pun dapat terwujud, setidaknya mendekati paling ideal bagi klien pengguna jasa Private Guide.
Namun, Private Guide Riana tidak dapat mewujudkan keinginan peserta tour yang ingin “memborong” tempat wisata sebanyak-banyaknya dalam waktu wisata yang singkat. Karena, bagi Private Guide Riana, yang disebut dengan “wisata yang cerdas” ialah rencana wisata yang bersifat “selektif”, bukan yang bertujuan untuk “memborong” berbagai objek destinasi wisata.
Terkadang ada beberapa klien pengguna jasa yang amat “excited” untuk pergi mengunjungi berbagai tempat dan objek destinasi wisata dalam satu hari. Guide Riana sangat paham dengan harapan demikian ^-^ . Namun, tidakkah pernah terpikirkan jika dalam waktu tertentu dan dijajalkan ke berbagai tempat, dalih-dalih “enjoy” menikmati kunjungan, klien akan terburu-buru tanpa bisa benar-benar menikmati travel? Sedari itu, saat sesi konsultasi bersama, Private Guide Riana akan membantu menyusunkan rencana perjalanan yang realistis. Namun, jika klien tetap ingin menjejalkan berbagai destinasi yang sulit diwujudkan, dengan rendah hati terdapat kemungkinan Guide Riana untuk tidak menerima tawaran menjadi Private Guide sang calon pengguna jasa.

Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand
Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand
Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand

Jadilah wisatawan yang “cerdas”, dengan bersedia kooperatif dengan usul, saran, maupun rekomendasi dari Private Guide Riana untuk bersikap “selektif”, agar tujuan utamanya menjadi rasional, terfokus, di samping relevan dengan apa yang paling dicari dari kunjungan wisata ini untuk mengisi liburan masing-masing peserta tour.
Itulah juga sebabnya, paling ideal menggunakan jasa seorang Private Tour Guide yang sifatnya lebih personal ketimbang agen perusahaan tour konvensional yang akan membawa rombongan dengan jumlah peserta yang masif sementara masing-masing pesertanya memiliki minat yang beragam dan cenderung tidak pernah sama satu sama lainnya.
Dengan memakai jasa Private Tour Guide, calon klien peserta tour dapat mengajak serta kawan-kawan atau sahabat yang dikenal baik dengan minat dan hobi yang sama untuk berkunjung, tanpa perlu diganggu oleh peserta tour lain “asing” (tidak dikenal) yang mungkin saja memiliki tujuan utama yang saling berbeda. Sifat “personal” (alias dapat di-kustomasi”) itulah yang menjadi ciri khas dari Private Tour Guide, salah satunya ialah Private Guide Riana di Thailand.

Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand
Kiat Menjadi Wisatawan yang Cermat & Cerdas, dari Private Tour Guide Riana di Bangkok, Thailand

Saatnya menjadi wisatawan yang “cerdas” dan “selektif”! Sobat KWANG juga mungkin suka menyimak artikel terkait “layanan unggulan” kami ini: (pada link di bawah ini)
Karena KWANG adalah teman terbaik mu! 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077 (PENTING : Pastikan simbol "+" disertakan sebelum input prefiks "66" dalam daftar nomor kontak pada perangkat seluler penelepon);
- email: guide.riana@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

Untuk memesan Asesoris Perhiasan Imitasi Impor Berkualitas KWANG EARRINGS. baik eceran maupun dengan grosiran, silahkan kirimkan pemesanan Anda (Mohon cantumkan link url asesoris yang dipesan untuk kami pastikan ketersediaan stok produk). Tidak ada minimum pembelian jumlah item secara eceran, Bagi yang membeli secara grosir, mendapat diskon khusus. namun disertai ongkos kirim kurir JNE dari Jakarta, Indonesia:
- instagram dengan ID kwang_earrings
- email, telepon ataupun chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA
- WhatsApp : (+62) 0817-4924-150.
- Juga Follow kami di Facebook: kwang_earrings

Syarat & Ketentuan:
- kerusakan dalam proses pengiriman, diluar tanggung jawab kami selaku penjual / supplier.
- tidak disertakan garansi, karena produk yang kami kirimkan dipastikan dalam kondisi baik dan utuh saat proses pengepakan dan pengiriman ke alamat pembeli.
- produk yang telah dipesan dan dikirimkan, tidak dapat dibatalkan ataupun ditukar.
- jika pelanggan puas atas layanan dan produk kami, mohon kesediaannya untuk dipromosikan ke rekan-rekan dan kerabat.

KWANG EARRINGS mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta pembeliannya. Kami senang dapat membantu para wanita untuk tampil cantik dan manarik, dimana dan kapan pun berada, berapa pun usianya (tanpa batasan umur).
Berjiwa muda dan tampil belia, adalah keajaiban yang dapat dibantu oleh asesoris yang menawan sekaligus memikat. Kami senang dapat menyediakan pilihan perhiasan imitasi yang terjangkau namun tetap memperhatikan kualitas produk yang kami tawarkan secara eceran maupun grosiran.

Kami tunggu pesanan Anda, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.
Salam hangat!