Operasi Hidung dan Wajah di Bangkok, Wisata Medis Revisi Tubuh di Thailand

By SHIETRA - December 19, 2019

operasi Hidung dan Wajah di Bangkok, Wisata Medis Revisi Tubuh di Thailand
[Lintasan BTS, Kereta Skytrain di Bangkok, Thailand.]

operasi Hidung dan Wajah di Bangkok, Wisata Medis Revisi Tubuh di Thailand


Jika dahulu, ingat “operasi plastik” wajah dan hidung maka ingat Korea Selatan, kini tampaknya perspektif konsumen medis global mulai bergeser menjadi : ingat “operasi plastik” wajah, hidung, bahkan hingga “revisi tubuh” maka ingat Thailand.
Merujuk pemberitaan yang dilansir oleh “CNN Indonesia”, Thailand bukan hanya dikenal sebagai surga belanja atau fashion dan wisata kuliner. Salah satu yang juga menjadi magnet kedatangan jutaan turis mancanegara ke Thailand, ialah daya tarik “wisata medis”, terutama untuk prosedur bedah plastik kecantikan untuk tujuan estetika.
Otoritas Badan Pariwisata Thailand mengungkap fakta, Negeri Gajah Putih kedatangan sekitar 20 juta turis per tahunnya. Sekitar 1,2 juta orang datang berkunjung  dengan tujuan untuk operasi plastik (oplas). Jumlahnya bahkan bersaing ketat dengan Singapura.
Tarif yang lebih murah ketimbang layanan medis di negara lainnya tersebut, membuat Thailand lebih digemari kaum pria maupun bagi kaum wanita yang ingin "merevisi" tubuh atau bahkan gender-nya. Ya, semua bisa dioperasi di sini, mulai dari hidung sampai kelamin.
Menurut sejarahnya, industri medik “oplas” mulai naik pamornya di Thailand sejak Benua Asia terdampak krisis ekonomi global pada tahun 1997-an.  Mata uang Thailand, Baht, melemah sehingga banyak wisatawan mancanegara yang datang ke sini untuk melakukan urusan medis.
Di Bangkok sendiri ada hampir 30 klinik maupun rumah sakit resmi untuk urusan oplas. Karenanya, menurut Private Tour Guide Riana di Thailand, harga atau biaya untuk menjalani operasi plastik di Bangkok, sangat beragam, karena fasilitasnya pun bervariasi antara klinik kecantikan yang satu dan klinik lainnya, juga antara rumah sakit yang satu dan rumah sakit lainnya, lengkap dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Karenanya, opsinya bisa berupa menjalani oplas di klinik maupun di rumah sakit.
Sebut saja KTOP Clinic, Nida Esth' and Piya Surgery, F Clinic, Yanhee Hospital, Bangkok Hospital, BNH Hospital, Vejthani Hospital, dan Kamol Cosmetic Hospital, yang kerap menjadi rujukan situs-situs wisata medis di Thailand.
Terdapat rumah sakit di Bangkok yang memiliki pelayanan lengkap, mulai dari perawatan kecantikan hingga penangananan “ganti kelamin” alias operasi transseksual. Bahkan sempat terjadi gunjingan bahwa terdapat salah seorang selebriti asal Indonesia yang ditengarai pernah menggunakan layanan medis di Thailand.
Disebutkan, tidak semua klinik secara terbuka mencantumkan semua jenis pelayanannya. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menggunakan jasa Private Tour Guide Riana dalam memberi rekomendasi dan asistensi bagi turis mancanegara yang berminat melakukan oplas di Bangkok, Thailand.
Operasi transplantasi rambut menjadi rujukan utama pada salah satu klinik di Bangkok karena diklaim menggunakan teknologi canggih, Nano Score Robotic System, untuk mendiagnosis kondisi persis masalah pada rambut.
Khusus untuk penanganan pembentukan tubuh, kebanyakan pasien asal Indonesia merupakan kaum hawa yang ingin memperbaiki bentuk mata, melangsingkan badan sampai memperbesar ataupun memperindah payudara. Terdapat juga opsi bedah wajah secara keseluruhan, namun biayanya dapat mencapai ratusan juta Rupiah.
Disamping itu, terdapat opsi termurah, yakni hanya sebatas untuk konsultasi dengan dokter ahli, dengan tarif hanya hitungan jutaan Rupiah. Ini bisa menjadi penting bila ada pasien yang menghendaki “second opinion” sebelum membuat keputusan melakukan oplas di rumah sakit atau klinik tertentu.
Yang paling mahal? Tentu saja untuk operasi transeksual atau ganti “alat kelamin”. Tidak semua klinik atau rumah sakit yang menyediakan fasilitas operasi ganti kelamin untuk semua gender, ada klinik yang hanya bersedia menangani pasien laki-laki yang hendak berganti kelamin menjadi wanita, namun tidak sebaliknya. Biasanya bisa mencapai lebih daru dua ratus juta Rupiah untuk operasi keseluruhan jenis ini, dan sudah termasuk rawat inap pada instalasi medik milik rumah sakit, antara seminggu hingga dua minggu pasca pembedahan.
Khusus untuk bedah kelamin, calon pasien harus melewati prosedur ketat termasuk dalam aspek hukum. Salah satunya adalah persetujuan dari pihak keluarga atau wali sang pasien yang bersangkutan. Meski demikian, jika berminat melakukan operasi “revisi tubuh” di Thailand, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis yang ada di Indonesia.
Selain mencari serta menentukan klinik atau rumah sakit yang kredibel, ada pentingnya juga untuk membaca seluruh isi perjanjian pembedahan medis. Pastikan ada "garansi" kalau sewaktu-waktu oplas menemui gagal saat maupun pasca operasi.
Ahli bedah kecantikan di negara asal sang pasien yang melakukan operasi plastik, kerap masih dirasa kurang, sehingga membuat mereka memilih untuk “berwisata medis” ke luar negeri guna mencari “second opinion”. Salah satu negara yang menjadi incaran di kawasan Asia Tenggara adalah, Thailand, yang selama ini memang berpengalaman dibidang oplas.
Selain Korea Selatan yang kerap diasosiasikan sebagai negara penuh dengan pria tampan dan wanita cantik, Thailand juga sering kali mendapatkan anggapan serupa. Konon, di Korea Selatan, hampir setiap anak gadis muda Korea rajin menabung uang jajannya untuk mewujudkan impian operasi plastik setidaknya operasi hidung. Wajar sih, menjadi cantik menjadi impian setiap orang.
Ternyata, selain di Bangkok, Phuket (salah satu wilayah di Thailand) juga turut dikenal secara cukup populer sebagai destinasi untuk melakukan prosedur operasi plastik.
Di Phuket, terdapat beragam pilihan rumah sakit besar dan klinik kecantikan yang menawarkan prosedur operasi plastik. Diperkirakan sebanyak 1,4 juta pasien dari luar negeri menjalani operasi plastik di Bangkok dan Phuket setiap tahunnya.
Alasan utama Thailand termasuk negara favorit untuk bedah plastik, karena biaya di sana paling terjangkau apabila dikonversikan dalam mata uang US$ ataupun Euro, dan memang sudah lama kalangan kedokteran Thailand dikenal reputasinya hingga global karena menekuni spesialisasi bedah estetik.
Ada beberapa hal yang membuat perawatan medis di Thailand menjadi terjangkau, salah satunya adalah biaya tenaga kerja yang rendah. Ini yang menjadikan biaya perawatan medis di Thailand, termasuk operasi plastik menjadi sangat kompetitif.
Ada beberapa tindakan operasi plastik yang sering dilakukan dan digemari di negeri Gajah Putih, yakni mulai dari operasi kantung mata, operasi kelopak mata (blepharoplasty), operasi hidung (rhinoplasty), neck contouring atau perataan garis leher, sedot lemak (liposuction), operasi memperbesar payudara, operasi mengecilkan payudara, dan tanam benang, disamping operasi ganti kelamin yang sudah cukup populer bahkan bagi warga lokal di Thailand.
Meski Thailand memiliki biaya perawatan medis yang cukup terjangkau, setiap klinik dan rumah sakit memiliki kisaran biaya berbeda-beda, juga dengan cakupan layanan yang berbeda, disamping kelebihan dan kelemahannya masing-masing.
Apalagi, untuk klinik atau rumah sakit yang telah memiliki sertifikasi internasional, bukan tidak mungkin memiliki standar biaya yang lebih tinggi. Selain itu, biaya operasi plastik juga tergantung pada jenis tindakan yang dilakukan dan sejumlah faktor lainnya.
Bedah kecantikan atau estetika menjadi salah satu prosedur perawatan medis yang diminati oleh banyak kalangan, tak terkecuali bagi wisatawan mancanegara asal Indonesia. Tidak terdapat statistik pasti berapa jumlah pasien asing yang datang ke Thailand setiap tahunnya, terutama untuk melakukan bedah kecantikan. Diperkirakan sebanyak 1,4 juta pasien dari luar negeri menjalani operasi plastik di Bangkok dan Phuket setiap tahunnya.
Pasien asal Eropa, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Timur Tengah, serta negara-negara tetangga di Asia bahkan disebutkan sudah menjadi 'pelanggan' tetap. Para ahli bedah dan medisnya pun percaya, prosedur perawatan medis satu ini (operasi plastik) akan terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, dimana tampaknya industri medik di Thailand memang ingin membuat pamor Thailand juga cukup dikenal untuk layanan operasi estetik kecantikannya.
Konon, Thailand menawarkan biaya operasi plastik sebesar 50-70 persen lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lain yang juga kerap dijadikan sebagai referensi pasien, seperti Venezuela, Australia, Amerika, Eropa, atau tentunya Korea Selatan negara asal K-Pop.
Sebagian besar orang berpikir bahwa biaya yang terjangkau maka kualitas kesehatannya tergolong rendah, namun tak demikian halnya dengan yang terjadi di Thailand. Pasien akan mendapatkan prosedur medis berkualitas (karena memang telah lama berpengalaman) dengan biaya yang sangat terjangkau—namun, dari pengalaman Private Guide Riana, masing-masing klinik dan rumah sakit estetik di Thailand memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, karena ada juga klinik bedah estetik yang cukup ceroboh dalam menangani pasien pasca pembedahan di Bangkok.
Sejumlah klinik kecantikan yang berada di Thailand terletak di pusat distrik bisnis ibu kota. Mereka menawarkan prosedur perawatan estetika yang didukung dengan peralatan teknologi medis canggih dan modern.
Faktor pelayanan lain seperti interaksi antara dokter dan pasien serta perawatan sesudah pascaoperasi, juga menjadi hal yang penting diperhatikan untuk membuat pasien merasa puas—untuk itulah mintalah rekomendasi dari Private Guide lokal yang berdomisili di Thailand dan telah biasa memandu pasien mancanegara untuk keperluan oplas di Thailand. Dan sebelum pergi ke Thailand, pasien dianjurkan melakukan konsultasi dengan ahli bedah plastik terlebih dulu terkait perawatan apa yang diinginkan.
Makin banyak klinik dan rumah sakit yang menawarkan prosedur operasi plastik di Thailand. Tentu saja hal ini diiringi pula dengan peningkatan layanan operasi plastik, salah satunya kehadiran ahli bedah plastik yang mumpuni.
Tidak main-main, para profesional medis terbaik di Thailand seperti spesialis dermatologi, bedah kosmetik, dan bedah rekonstruktif langsung yang menangani pasien-pasien dari seluruh dunia. Tidak sedikit pula para ahli menerbitkan jurnal dalam Journal of American Academy of Dermatology (JAAD) dan telah mendapat sertifikasi dari Thai Society of Plastic and Reconstructive Surgeons.
Tenaga medis di Thailand juga fasih berbahasa Inggris.  Seluruh staf, termasuk dokter ahli dan perawat yang bekerja di klinik kosmetik karena tuntutan kebutuhan mengingat banyaknya pasien mancanegara, menjadi fasih berbahasa Inggris. Hal tersebut memudahkan komunikasi antar pasien dan tim medis, atau menggunakan jasa Private Guide sebagai penerjemah juga bisa menjadi solusi.
Pada acara Amazing Thailand Health & Wellness Trade Meet 2018 yang dihelat oleh Tourism Authority of Thailand (TAT), Bangkok hari Kamis (30/08/2018), ada sekitar 20 klinik kecantikan Thailand berkumpul. Beberapa di antaranya mengungkap orang Indonesia banyak yang melakukan perawatan kecantikan di sana, mulai dari face lift hingga “operasi kelamin”.
"Ada banyak orang Indonesia yang melakukan perawatan ke tempat kami. Perawatannya macam-macam, salah satunya operasi hidung dan face lift atau mengurangi lemak sehingga wajah berbentuk V," ungkap Juntarus Tithakosol perwakilan dari Masterpiece Hospital.
Begitupun dengan penuturan Chatchai Jiradisa, perwakilan dari Asia Cosmetic Hospital. Di antara banyaknya perawatan yang disajikan di rumah sakit ini seperti face counturing, neck lift, dan forehead lift, operasi hidung atau rhinoplasty masih jadi favorit orang Indonesia.
"Orang Indonesia yang datang ke kami biasanya meminta operasi hidung dan eyelids. Bentuk hidung yang mereka minta biasanya berbeda-beda ya, mereka biasanya bawa foto sebagai patokan," ungkap Chatchai Jiradisai.
Sebelum melakukan operasi, para pasien berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Bentuk hidung yang mereka inginkan belum tentu cocok dengan konstruksi wajah mereka. Itu memengaruhi tingkat kesulitan operasi.
Di Masterpiece hospital, konon konsultasi juga bisa dilakukan secara online. Calon pasien mengirimkan foto untuk kemudian dianalisa oleh dokter. Waktu konsultasi hingga tindakan operasi membutuhkan waktu beberapa hari. Jadwal operasi juga harus di-booking dari jauh-jauh hari, karena biasanya waiting list.
Waktu operasi sendiri berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan. Operasi paling mudah hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Tapi rata-rata operasi hidung menelan waktu satu jam, bahkan lebih untuk hidung yang harus rekonstruksi terlebih dahulu.
Tiga hari hingga satu minggu pasca operasi dan check up untuk kontrol, pasien Indonesia sudah diperbolehkan pulang ke negara asalnya atau sekaligus berwisata di Thailand. Masterpiece Hospital disebutkan juga memberikan sertifikat khusus untuk bukti kesehatan.
"Indonesia masuk top 3 pasien mancanegara terbanyak di klinik kami setelah Malaysia dan Singapura," tutur Juntarus.
Untuk harga, para klinik kecantikan ini mengaku bersaing ketat. Mereka harus menawarkan kualitas dengan harga terbaik, karena klinik kecantikan yang menawarkan perawatan serupa sangat banyak di Thailand.
Di Masterpiece Hospital, ada dua jenis silikon untuk operasi hidung dengan harga berbeda. Operasi menggunakan silikon USA memiliki harga mulai dari 18 ribu baht atau sekitar Rp 8 juta, sedangkan jika menggunakan silikon Korea harganya mulai dari 22 ribu baht atau sekitar Rp 9,8 juta.
Di Asia Cosmetic Hotel, harganya lebih mahal. Operasi hidung termudah memiliki kisaran harga 60 ribu baht atau sekitar Rp 27,4 juta. Kualitas implan juga sangat menentukan harga.
Ingin 'merevisi' hidung, wajah, serta bentuk tubuh hingga merubah gender di Thailand? Sobat KWANG juga mungkin suka menyimak artikel terkait “layanan unggulan” kami ini: (pada link di bawah ini)
Karena KWANG adalah teman terbaik mu! 😊
SUMBER RUJUKAN:
https:// www. cnnindonesia .com/gaya-hidup/20180617085103-255-306746/kisaran-harga-merevisi-bentuk-tubuh-di-thailand
https:// www. moneysmart .id/biaya-operasi-plastik/
https:// www. viva.co .id/gaya-hidup/gaya/1104822-berapa-sih-biaya-operasi-plastik-di-thailand
https:// wolipop .detik .com/makeup-and-skincare/d-4190834/operasi-hidung-jadi-favorit-orang-indonesia-di-thailand-berapa-harganya

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Untuk memesan Asesoris Perhiasan Imitasi Impor Berkualitas KWANG EARRINGS. baik eceran maupun dengan grosiran, silahkan kirimkan pemesanan Anda (Mohon cantumkan link url asesoris yang dipesan untuk kami pastikan ketersediaan stok produk). Tidak ada minimum pembelian jumlah item secara eceran, Bagi yang membeli secara grosir, mendapat diskon khusus. namun disertai ongkos kirim kurir JNE dari Jakarta, Indonesia:
- instagram dengan ID kwang_earrings
- email, telepon ataupun chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA
- WhatsApp : (+62) 0817-4924-150.
- Juga Follow kami di Facebook: kwang_earrings

Syarat & Ketentuan:
- kerusakan dalam proses pengiriman, diluar tanggung jawab kami selaku penjual / supplier.
- tidak disertakan garansi, karena produk yang kami kirimkan dipastikan dalam kondisi baik dan utuh saat proses pengepakan dan pengiriman ke alamat pembeli.
- produk yang telah dipesan dan dikirimkan, tidak dapat dibatalkan ataupun ditukar.
- jika pelanggan puas atas layanan dan produk kami, mohon kesediaannya untuk dipromosikan ke rekan-rekan dan kerabat.

KWANG EARRINGS mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta pembeliannya. Kami senang dapat membantu para wanita untuk tampil cantik dan manarik, dimana dan kapan pun berada, berapa pun usianya (tanpa batasan umur).
Berjiwa muda dan tampil belia, adalah keajaiban yang dapat dibantu oleh asesoris yang menawan sekaligus memikat. Kami senang dapat menyediakan pilihan perhiasan imitasi yang terjangkau namun tetap memperhatikan kualitas produk yang kami tawarkan secara eceran maupun grosiran.

Kami tunggu pesanan Anda, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.
Peluk dan Cium Erat!

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077 (PENTING : Pastikan simbol "+" disertakan sebelum input prefiks "66" dalam daftar nomor kontak pada perangkat seluler penelepon);
- email, telepon, atau chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

TESTIMONI PEMBELI

TESTIMONI PEMBELI
Klik Gambar untuk Melihat TESTIMONI Pembeli Produk KWANG EARRINGS