Selama Ada Jalan di Hati, Maka Akan Ada Jalan, Ciptakan Jalan dalam Hati Kita

By SHIETRA - December 17, 2019


Selama Ada Jalan di Hati, Maka Akan Ada Jalan, Ciptakan Jalan dalam Hati Kita
Terkadang, ada kalanya kita merasa berat sekali baik langkah kaki maupun tangan kita untuk melakukan sesuatu, dan selalu mencari-cari alasan bahwa kita “tidak punya waktu”, menjadi “korban” dari keadaan, merasa tidak berdaya, bahkan mencari-cari kesibukan lain untuk melupakan dan manjadi alibi sempurna guna menghindari apa yang semestinya kita kerjakan namun tidak kita sukai—alias “berat di pikiran” atau “berat di hati”.
Batin atau mood kita, yang masih berlatih sebagai seorang “puthujana” (oang awam atau perumah tangga), menyerupai grafik “naik dan turun”, terkadang bersemangat, dan terkadang merasa jatuh terpuruk tanpa semangat. Kecuali kita sudah mencapai tingkat kesucian Aharat, barulah sepenuhnya mampu memiliki batin sekuat batu karang, tidak tergoyahkan bagai kokohnya batu karang sekalipun dihempas oleh obak badai, sebagaimana dicerminkan oleh sosok Sang Buddha.
Terkadang, kita merasa tiada jalan dalam hati kita, maka kita akan benar-benar tertutup segala jalan dari pikiran maupun pandangan mata kita, alias terkungkung dalam hati kita yang belum seluas samudera. Rupanya, merubah perspektif dapat kita mulai dengan cara merubah keyakinan diri kita sendiri terlebih dahulu.
“Cucilah” keyakinan kita, dengan memperkenalkan keyakinan baru dengan dimulai dari menasehati diri kita sendiri lewat “mantra” berikut yang perlu terus kita ulangi kepada diri kita sendiri, bisa dengan cara berbisik, berteriak sekeras-kerasnya, ataupun membacakannya dalam hati kita:
“Selama ada jalan di hati, maka akan ada jalan.”
Betul bahwa pepatah klasik mengatakan bahwa, “selama ada kemauan maka akan ada jalan”. Namun, yang perlu kita pahami dan ingat, kita perlu terlebih dahulu “membuka ruang jalan” dalam hati kita yang sering kali sudah penuh sesak oleh segala kepedihan, kekecewaan, ambisi, obsesi, kemarahan, keletihan, keputus-asaan, kesedihan, keinginan, kegundahan, kecemasan, ketakutan, dan berbagai perasaan negatif lainnya.
Seringkali kita merasa bahwa tiada lagi ruang dalam hati kita, sudah penuh sesak dan tidak lagi dapat dimuati oleh hal-hal lain yang menyesakkan. Namun, tanpa kesediaan bagi dan oleh diri kita untuk membuka jalan dalam hati kita sendiri, maka tidak akan ada potensi perubahan apapun dalam hidup kita, dan akan terus dalam posisi stagnan alias “berjalan di tempat”.
Tips berikut mungkin cukup manjur untuk Sobat coba latih dan terapkan, yakni semudah “tidak mengatakan tidak mungkin bisa”, namun selalu yakinkan diri kita sendiri bahwa “belum bisa artinya tidak mungkin tidak akan bisa, kelak mungkin bisa”, dan “pasti ada jalannya, pasti ada cara untuk menemukan jalan itu, pasti ada jalannya, pasti ada jalannya, ada jalannya...”.
Motivator terbaik dalam semesta ini, adalah diri kita sendiri. Bayangkan bahwa kita memiliki seorang motivator terhebat dalam semesta ini sebagai asisten pribadi kita, yakni diri kita sendiri! Kita tidak perlu jauh-jauh melalanglang-buana untuk mencari seorang motivator guna membakar semangat dalam diri kita, karena ternyata ia setiap saat terdapat dalam hati dan diri kita sendiri, kita hanya perlu untuk menyadari dan menemukan di dalam relung hati kita sendiri yang paling terdalam.
Berikut KWANG kutipkan kutipan ceramah-ceramah Master Shih Cheng Yen, pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi, yang bisa menjadi sumber motivasi agar kita tetap semangat dan pantang menyerah dalam menghadapi kemelut batin:
“Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.”
“Dalam perjalanan hidup ini, kita harus dapat memanfaatkan setiap detik yang kita miliki, menjalaninya dengan langkah mantap dan penuh tanggung jawab. Dengan demikian, tidak ada hal yang patut disesalkan dalam hidup ini.”
“Janganlah dikarenakan sangat berharap memiliki banyak waktu senggang, kemudian kita mengharap dapat mengurangi tanggung jawab. Seharusnya kita menambah kekuatan diri sendiri agar dapat memikul tanggung jawab yang lebih besar.”
Hal yang paling dapat dibanggakan pada diri seseorang adalah meski dengan kekuatan kecil yang dimiliki, ia bersedia memikul segala tanggung jawab.”
“Saat menghadapi kesulitan, yang harus kita lakukan hanyalah berupaya dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga, serta memenuhi segala kewajiban. Dengan demikian kita sudah berbuat benar.”
Daripada memiliki rumah yang luas, lebih baik memiliki hati yang lapang.”
“Mampu menjalankan yang sulit dijalankan, mampu mengikhlaskan yang sulit diikhlaskan serta mampu melakukan yang sulit dilakukan, akan bisa meningkatkan kepribadian diri kita.”
Perasaan sukacita membuat kita tidak gentar menghadapi kesulitan. Kekuatan hanya dapat terhimpun bila ada rasa syukur di dalam hati.”
“Dengan bersikap selalu bersyukur dan tidak berkeluh kesah, perjalanan hidup dapat berjalan lancar tanpa hambatan.”
“Jadikan orang lain sebagai cermin bagi diri sendiri. Saat melihat keunggulan orang lain, dapat dijadikan cambuk untuk mencapai kemajuan. Saat melihat kelemahan orang lain kita pun harus mengintrospeksi diri.”
“Jadikan kegagalan hidup sebagai pelajaran dan jangan gentar menghadapi kesulitan. Orang yang saat semakin sering menghadapi kegagalan justru menjadi semakin bersemangat, adalah pejuang kehidupan yang gagah berani.”
“Dengan alam semesta sebagai ruang belajar, maka setiap orang dan setiap hal / permasalahan adalah buku pelajaran dan objek untuk dipelajari.”
“Berupayalah dengan sungguh-sungguh, jangan ada kata ‘sulit’ dalam hati. Kita harus menaklukkan kesulitan, jangan sampai ditaklukkan oleh kesulitan.”
“Terhadap hal yang pantas dilakukan, hendaknya kita selesaikan dengan baik, meskipun harus melalui berbagai halangan. Terhadap hal yang tidak pantas, hendaknya kita dapat mempertahankan pendirian untuk tidak melakukannya meski harus menghadapi berbagai kesulitan.”
Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
Kesuksesan terbesar dalam kehidupan manusia adalah bisa bangkit kembali dari kegagalan.”
“Sejarah adalah akumulasi dari perjalanan waktu, bila dapat memanfaatkan waktu dengan baik pasti akan dapat menciptakan sejarah.”
Terdapat banyak hal yang tidak dapat kita kontrol dan atur berbagai kejadian pada dunia di luar diri kita agar sesuai kehendak hati kita. Namun, setidaknya, kita selalu dapat mengkondisikan, meyakinkan, dan menghimbau hati kita sendiri agar dapat menjadi tegar dan kuat menjalani hidup yang memang tidak selalu berjalan ideal ini.
Jadilah sabahat terbaik bagi hati dan jiwa kita sendiri, maka hati dan jiwa kita pun akan bahu-membahu berjuang bersama diri kita dalam mengarungi dunia ini yang kurang bersahabat ini sekalipun—karena kita selalu memiliki sahabat terbaik kemana pun dan dimana pun kita berada, yakni hati dan diri kita sendiri.
Karena KWANG EARRINGS adalah teman terbaik mu! 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Ikuti juga sosial media kami pada business.facebook, dengan akun : "Expat 2 Local Thai" / @guideriana

Rincian layanan JasTip (Jasa Titip) produk Thailand, dapat dilihat pada menu "Jasa Pencarian, Jasa Titip, dan Pengiriman Produk Thailand ke Indonesia".

Rincian layanan Private Tour Guide di Bangkok-Thailand, dapat dilihat pada menu "Private Tour Guide Riana".

NOTE REDAKSI : Seluruh info kontak dalam website ini diperuntukkan khusus untuk tujuan pemesanan dan bagi pengguna jasa layanan yang kami tawarkan dalam website ini. Menghubungi kami diluar peruntukan tersebut, dimaknai sebagai menyalah-gunakan nomor / email kontak kerja profesi kami, tidak akan ditanggapi.

Mohon kesediaan menunggu sejenak bila belum ada tanggapan secara segera, karena faktor kesibukan atau karena lain sebab. Pemesanan akan kami respons sesegera yang kami mampu.

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077 [PENTING : Pastikan simbol "+" disertakan sebelum input prefiks "66" dalam daftar nomor kontak pada perangkat seluler penelepon];
- email: guide.riana@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

Konsumen / pengguna jasa dapat melakukan pemesanan pada nomor kontak / email yang tercantum dalam menu "HUBUNGI KAMI" atau pada rincian "contact person" di atas, bukan pada kolom komentar pada posting website.

Kami tunggu pesanan teman-teman sekalian dimana pun berada, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.

Salam hangat dari Bangkok, Thailand.
ttd
GUIDE RIANA