Buah Unik di Thailand, Nanas Mini Imut yang SUPER MANIS (Turis Wajib Coba)

By SHIETRA - January 23, 2020

Buah Unik di Thailand, Nanas Mini Imut yang SUPER MANIS (Turis Wajib Coba)

Siapa yang tidak pernah mencicipi Durian Bangkok “Monthong”, yang ukurannya bisa sebesar buah nangka? Thailand identik dengan segala sesuatunya yang serba “besar” ukurannya, alias JUMBO. Bahkan, cabe rawit di Thailand bisa seukuran jempol jari orang dewasa—sampai-sampai bisa membuat bingung akan dimasak untuk apa karena ukurannya yang besar.
Berwisata ke Thailand, tanpa mencicipi buah-buahan asli Thailand, tentu tidaklah lengkap rasanya, terutama bagi turis mancanegara yang pastinya ingin tahu seperti apa citarasa, tekstur, serta keunikan buah-buahan di Thailand yang membedakan dengan citarasa buah-buah di negeri asal sang turis.
Tidak ada salahnya juga mengajukan request kepada Private Tour Guide untuk diberi rekomendasi buah-buahan apa saja yang bisa dicicipi di Thailand, termasuk mengunjungi kedai-kedai penjualan “rujak” yang terdiri dari racikan bumbu ala Thai dan campuran buah-buahan segar yang bisa dijumpai pada berbagai pasar-pasar tradisional Thailand.
Rekomendasi dari seorang Private Guide menjadi penting, karena tidak semua buah-buahan di Thailand adalah harus dicoba. Sebagai contoh, di Thailand juga ada buah salak, buah yang kulit luarnya berwujud seperti sisik bewarna coklat yang daging buahnya berwarna putih dan ada biji coklat besar di dalamnya. Namun, salak asli Thailand masih kalah lezat dari Salak Pondoh asli Indonesia.
Karenanya, mertua KWANG yang merupakan asli warga lokal Bangkok, sangat menyukai buah-buahan salak Indonesia jika KWANG baru kembali dari Indonesia dengan membawa oleh-oleh buah salak asli Indonesia. Setiap kali sehabis memakan buah salak yang KWANG bawa dari Indonesia, mertua KWANG mencoba menanam bijinya di kebun rumah. Namun sayang, ketika tumbuh tunas kecil, ternyata sukar dibudidayakan hingga besar biji salak asal Indonesia itu di tanah Thailand, mungkin iklimnya kurang cocok. Padahal mulanya mertua KWANG sudah merasa sangat gembira karena berhasil muncul tunas dari biji salak itu saat ditanam, disiram dan dipupuk.
Namun, ternyata tidak semua buah-buahan di Thailand berukuran JUMBO. Ada juga yang mini dan unik ukurannya, dan citarasanya juga tidak kalah uniknya. Mau tahu apa saja? Yuk berwisata langsung ke Thailand. Berikut salah satu bocoran dari Private Tour Guide Riana.
Buah Unik di Thailand, Nanas Mini Imut yang SUPER MANIS (Turis Wajib Coba)
Buah Unik di Thailand, Nanas Mini Imut yang SUPER MANIS (Turis Wajib Coba)

Coba lihat nanas yang satu ini, tidak perlu repot-repot dipotong dalam bentuk kecil-kecil untuk bisa dimakan. Ini nanas imut banget ya? Tinggal ambil batangnya yang mirip tusukan sumpit kayu, lalu digigit-gigit deh, di makan langsung satu lahapan juga bisa.
Manis asam dan banyak airnya. Ini nanas terimut yang pernah KWANG makan dan cicipi. Sobat yang berwisata ke Thailand, pasti juga suka. Jadi, jangan lupa untuk sempatkan diri mencicipi buah-buahan di Thailand ya. Pasti banyak cerita uniknya dan meninggalkan kesan yang mendalam untuk dibawa pulang.
Di Thailand juga ada buah sejenis jeruk “keprok”, jeruk bewarna hijau kekuningan yang sangat tipis kulit jeruknya, dan biasanya banyak “bentol-bentol” tidak mulus pada permukaan kulit jeruknya. Namun berbeda dengan jeruk di Indonesia, jeruk lokal Thailand ini meski penampilan luarnya tidak menarik, sama dan sangat menyerupai jeruk “keprok” asal indoensia, namun kandungan airnya sangat banyak dan manis, sehingga sangat menyerupai minum jus jeruk ketimbang makan jeruk ketika memakan jeruk asli Thailand satu ini.
Karenanya, jangan heran jika suatu waktu Guide Riana memberi rekomendasi agar turis mancanegara menyempatkan diri mencicipi jeruk ini saat berkunjung ke pasar-pasar tradisional di Thailand. Sayang sekali jika kesempatan satu ini dilewatkan begitu saja tanpa menyempatkan diri mencicipi atau membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke negara asal anggota rombongan tur.
Jika kita mengunyah jeruk “keprok” lokal Indonesia, terlebih jeruk oranye impor dari China, kita akan lebih banyak mendapati ampas ketimbang air jeruknya, terlebih rasanya kadang hambar atau bahkan asam dan pahit.
Tapi, jeruk lokal asal Thailand ini dapat dipastikan selalu manis dan banyak air saat dimakan—itulah yang paling unik dan paling istimewa dari jeruk lokal asli Thailand, sekalipun penampilan luarnya dapat mengecoh karena kurang menarik. Karenanya, Private Tour Guide Riana di Bangkok akan sangat merekomendasikan agar wisatawan mancanegara mencicipi jeruk lokal Thailand ketika mengunjungi pasar-pasar tradisional di Thailand.
Jika turis mancanegara menggunakan perusahaan agen tur konvensional, maka dapat dipastikan kesempatan untuk mencicipi buah-buahan asli lokal Thailand yang hanya dapat dijumpai pada pasar-pasar tradisional Thailand, akan terlewatkan. Hanya seorang Private Tour Guide yang dapat membawa turis mancanegara mengunjungi pasar-pasar tradisional, membeli buah-buahan lokal Thailand, sekaligus mencicipi kuliner “rujak” khas Thai. Must try!
Sobat KWANG juga mungkin suka menyimak artikel terkait “layanan unggulan” kami ini: (pada link di bawah ini)
Wisata Kuliner ke Thailand-Bangkok, yuk! Karena KWANG adalah teman terbaik mu! 😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Ikuti juga sosial media kami pada business.facebook, dengan akun : "Expat 2 Local Thai" / @guideriana

Rincian layanan JasTip (Jasa Titip) produk Thailand, dapat dilihat pada menu "Jasa Pencarian, Jasa Titip, dan Pengiriman Produk Thailand ke Indonesia".

Rincian layanan Private Tour Guide di Bangkok-Thailand, dapat dilihat pada menu "Private Tour Guide Riana".

NOTE REDAKSI : Seluruh info kontak dalam website ini diperuntukkan khusus untuk tujuan pemesanan dan bagi pengguna jasa layanan yang kami tawarkan dalam website ini. Menghubungi kami diluar peruntukan tersebut, dimaknai sebagai menyalah-gunakan nomor / email kontak kerja profesi kami, tidak akan ditanggapi.

Mohon kesediaan menunggu sejenak bila belum ada tanggapan secara segera, karena faktor kesibukan atau karena lain sebab. Pemesanan akan kami respons sesegera yang kami mampu.

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077 [PENTING : Pastikan simbol "+" disertakan sebelum input prefiks "66" dalam daftar nomor kontak pada perangkat seluler penelepon];
- email: guide.riana@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

Konsumen / pengguna jasa dapat melakukan pemesanan pada nomor kontak / email yang tercantum dalam menu "HUBUNGI KAMI" atau pada rincian "contact person" di atas, bukan pada kolom komentar pada posting website.

Kami tunggu pesanan teman-teman sekalian dimana pun berada, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.

Salam hangat dari Bangkok, Thailand.
ttd
GUIDE RIANA