Manfaat Daun Murbei bagi Kesehatan dan Cara Pengolahan Daun Mulberry untuk Obat Kecantikan Kulit maupun Organ Dalam Tubuh

By SHIETRA - January 23, 2020

Manfaat Daun Murbei bagi Kesehatan dan Cara Pengolahan Daun Mulberry untuk Obat Kecantikan Kulit maupun Organ Dalam Tubuh
Manfaat Daun Murbei bagi Kesehatan dan Cara Pengolahan Daun Mulberry untuk Obat Kecantikan Kulit maupun Organ Dalam Tubuh
Manfaat Daun Murbei bagi Kesehatan dan Cara Pengolahan Daun Mulberry untuk Obat Kecantikan Kulit maupun Organ Dalam Tubuh
Manfaat Daun Murbei bagi Kesehatan dan Cara Pengolahan Daun Mulberry untuk Obat Kecantikan Kulit maupun Organ Dalam Tubuh

Begitu beragamnya tanaman herbal yang beredar, baik lokal maupun impor, dengan klaim bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain kita ketahui buah murbei diyakini baik untuk menjaga kesehatan, ternyata daun pohon murbei juga mengandung khasiat bagi kesehatan tubuh, sebab dilaporkan mengandung vitamin A, B2, C, asam folat, kollin dan senyawa lainnya, sehingga daun murbei disebutkan cukup ampuh sebagai herbal “penurun demam”.
Selain menurunkan demam, beberapa khasiat daun murbei antara lain ialah untuk mengobati panas dalam dan mengatasi sembelit (susah buang air besar), menurunkan kadar gula darah dan sebagai anti kolesterol.
Selain membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, daun murbei juga dipercaya sangat mujarab mengatasi kolesterol. Kolesterol yang tinggi dan kadar gula merupakan suatu kondisi di mana seseorang bisa dengan mudah terjangkiti komplikasi penyakit lainnya. Stroke, diabetes, darah tinggi, adalah beberapa penyakit serius yang biasanya akan menyertai penderita diabetes.
Daun murbei sebagai obat alami penyembuh luka, borok, dan bisul. Kondisi kulit yang sehat tentu saja akan menangkal beberapa penyakit kulit yang biasa menyerang. Luka, borok, bisul, dan lainnya adalah penyakit yang bisa diatasi dengan mudah dengan memanfaatkan khasiat dibalik sebuah daun murbei.
Tak perlu dikonsumsi langsung untuk tujuan pengobatan kulit, namun cukup haluskan daun murbei dan oleskan pada permukaan kulit yang terkena luka dan penyakit. Tak perlu juga mencari krim komersial dari daun murbei, cukup petik daun murbei yang mudah ditanam sendiri di pekarangan rumah serta daunnya dapat tumbuh dengan cepat serta lebat, gerus lalu tempelkan pada kulit yang bermasalah.
Daun murbei diyakini juga bagus bagi kesehatan mata agar menjadi lebih baik. Karena disebut-sebut mengandung vitamin A dan “beta karoten”, sudah pasti daun murbei sangat baik bagi kesehatan mata bagi yang mengkonsumsinya.
Terutama di era serba layar digital seperti sekarang ini, masalah kesehatan mata tentu saja masalah serius yang harus dijaga dengan baik agar tidak terjadi kerusakan pada “jendela dunia” kita. Menjaga kesehatan mata tentu saja akan membuat pandanganmu tentang dunia menjadi lebih indah dan bermakna.
Memperlancar produksi ASI (air susu ibu), terutama bagi ibu muda yang sedang menyusui, mengonsumsi daun murbei akan membantu memperlancar produksi ASI. Terdapat banyak tumbuhan alternatif yang bisa merangsang produksi ASI, namun daun murbei disebutkan sebagai yang paling ideal. Bukankah yang diutamakan bagi kesehatan ibu dan bayi adalah tentang lancarnya produksi ASI?

Manfaat Daun Murbei bagi Kesehatan dan Cara Pengolahan Daun Mulberry untuk Obat Kecantikan Kulit maupun Organ Dalam Tubuh
 
Murbei (atau mulberry, nama yang merujuk tanaman yang sama), tidak terkecuali sayur-sayuran lainnya, daun murbei dapat dikonsumsi oleh manusia, dimana diyakini daun mulberry menawarkan manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara teratur, salah satunya adalah sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit “asam urat”, karena daun dari tumbuhan mulberry / murbei memiliki sifat anti-inflamasi.
Daun murbei mengandung senyata terdiri dari phytoestrogen, myioinocytol, aseton, trigonelline, tembaga, seng, lupeol, choline, adenine, eugenol alkohol, asam lanaloobenzyl alkohol, asam klorogenat, ekdistolon, alfa, rutin, moracetin, isoquersetin, butylamine, asam amino, asam folat, betasitosterol, betahexenal, cis beta hexenol, scopolin, cis lamdahexenol, benzaidehide, asam fumarat, karoten, vitamin C, vitamin A, dan juga vitamin B1. Semua senyawa ini membantu kita yang mengkonsumsinya untuk mencegah serangan jenis penyakit.
Kandungan daun murbei dapat menjaga berat badan tetap stabil, alias untuk mengatasi masalah seperti kegemukan. Dapat disimpulkan bahwa daun sehat ini dapat melindungi kita dari kelebihan berat badan dan penyakit akibat lemak tubuh.
Khasiat lainnya dari daun mulberry ialah efektif dalam mengobati gejala “panas dalam” maupun sembelit. Rebusan daun murbei, bila dikonsumsi secara teratur, panas dan sembelit dapat diatasi dengan cepat.
Bukan hanya itu, dengan memanfaatkan daun murbei, dapat mencegah hipertensi sejak dini. Daun yang tergolong herbal asal China ini adalah daun alami yang merangsang aliran darah dan mencegah tekanan darah yang berlebihan. Karenanya, sudah sejak lama di Tiongkok-China, daun murbei dijadikan herbal.
Daun mulberry tidak hanya membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, tetapi juga dikatakan mampu menangani kolesterol. Penyakit yang juga bisa dicegah dengan daun mulberry adalah ancaman dari serangan stroke. Penyakit ini adalah penyakit yang umumnya menyerang tubuh dengan penyakit jantung maupun pembuluh darah yang tidak sehat. Daun mulberry diyakini sebagai obat herbal untuk memulihkan diri dari ancaman demikian.
Luka, bisul, borok dan penyakit terkait kesehatan kulit tubuh lainnya dapat dengan mudah diatasi dengan daun murbei. Khusus untuk itu, daun murbei tidak dikonsumsi, namun cukup haluskan saja daun mulberry dan oleskan ke permukaan kulit yang terkena luka dan penyakit.
Daun mulberry bahkan diyakini juga berperan mambantu jantung kita tetap dalam kondisi sehat. Menjaga kesehatan jantung pada umumnya diidentikan dengan biaya yang mahal. Dengan daun murbei yang bisa dijadikan daun teh ini, maka solusinya selain efisien juga solutif yang cerdas.
Karena mengandung vitamin A dan beta-karoten, dapat dipastikan bahwa daun mulberry sangat baik untuk kesehatan mata kita yang rutin mengkonsumsinya.
Kita juga dapat mengandalkan manfaat daun mulberry untuk kesehatan tulang dan gigi. Senyawa sehat dalam daun murbei dapat membantu mengencangkan tulang dan mencegah sakit gigi bagi kita yang memiliki masalah kesehatan pada dua bagian tubuh kita tersebut.
Khasiat daun mulberry sangat bermanfaat bagi wanita yang memiliki masalah dengan “keputihan”. Daun ini mencegah keluarnya cairan yang berlebihan dari vagina dan juga mengatasi bau tidak sedap yang disebabkan oleh area intim wanita yang tidak bersih.
Sifatnya yang diuretik (peluruh kencing), daun murbei juga disebut-sebut berkhasiat untuk menurunkan kadar “asam urat” yang berlebihan, sehingga bisa menjadi obat herbal yang ideal sebagai pengobatan alternatif.
Daun mulberry ternyata baik untuk kesehatan kulit, merupakan informasi yang menarik untuk dibicarakan, yang mungkin saja dapat menjadi alternatif herbal kosmetika alami. Mulberry atau murbei, diyakini sebagai tanaman dengan bagian berupa daun yang kaya khasiat untuk kulit manusia.
Bisul adalah penyakit kulit yang mengandung nanah di dalamnya. Misalkan bisul ini tidak segera diatasi, dia akan semakin membesar lalu pecah dan menimbulkan bekas luka pada bagian kulit tubuh kita. Terdapat cara yang dapat membuat bisul mati dengan kering dan segera sembuh, yaitu dengan menggunakan manfaat dari khasiat daun murbei yang baik untuk kulit ini. Setelah dipakaikan daun murbei, bisul akan dapat mati lebih cepat.
Daun murbei disebutkan memiliki kemampuan mengeringkan “Luka Basah”. Luka yang basah dapat lebih mudah sembuh dengan membantu proses mengeringkannya terlebih dahulu. Salah satu khasiat dari daun mulberry adalah dengan menggunakannya untuk membantu mengeringkan luka yang masih basah. Daun mulberry dapat menjadi alternatif kebutuhan pengeringan luka dengan lebih mudah dan murah, mungkin karena kandungannya yang mengandung alkohol sehingga dapat membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit.
Mencegah “Luka Borok” dengan daun murbei. Daun mulberry memiliki manfaat untuk mencegah munculnya luka borok pada kulit. Jika ada luka di kulit kita, maka daun murbei ini mampu membantu proses pengeringannya sehingga tidak semakin melebar menjadi borok yang mengganggu penampilan. Jadi bisa menjadi semacam P3K bila kita mengalami penyakit kulit, agar tidak menyebar luka boroknya dan segera mengering.
Mengatasi alergi dengan daun murbei. Alergi merupakan penyakit gatal-gatal di kulit yang seringkali menyebabkan kulit menjadi luka dan tidak terlihat cantik seperti yang diharapkan. Secara alami alergi atau gatal-gatal pada kulit dapat diatasi dengan daun mulberry. Daun mulberry ini disebutkan sangat baik untuk membuat gatal-gatal cepat hilang.
Menyembuhkan jerawat dengan daun murbei. Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang disebabkan oleh “peradangan”, tentu sangat mengganggu dan mencemaskan penampilan wajah bagi kaum wanita. Untuk itu kita dapat memanfaatkan daun mulberry sebagai obat herbat guna mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan membuat masker wajah dari daun yang satu ini. Gunakanlah masker daun mulberry secara rutin untuk merawat kulit wajah.
Disebutkan pula, daun murbei dapat berperan untuk enghilangkan “Jamur Kulit”. Jamur kulit adalah salah satu gangguan kulit yang perlu diatasi, karena cukup mengganggu penampilan. Reaksi jamur yang menyebar di kulit, akan menyebabkan gatal-gatal dan beberapa bagian kulit memiliki warna yang berbeda dari bagian lainnya, disamping sensasi rasa gatal yang mengganggu.
Sebagai langkah pengobatan herbal guna melembabkan kulit, daun mulberry diketahui juga kaya sekali akan vitamin. Vitamin merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kulit agar tidak mudah kering. Asupan vitamin yang tercukup, kemudian akan mampu menjaga kelembaban kulit dengan maksimal.
Mencerahkan kulit dengan daun murbei. Kulit yang kusam adalah kulit yang terlihat gelap dan kurang bersinar. Kita dapat kembali mencerahkan kulit dengan cara alami, yakni memanfaatkan khasiat dari daun mulberry.
Peremajaan kulit yang aktif merupakan yang paling dibutuhkan agar kulit tetap terlihat segar dan cantik. Peremajaan kulit sukar terjadi bila kulit tubuh tidak ternutrisi dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menutrisi kulit dan membantunya melakukan peremajaan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi daun mulberry.
Tanaman Murbei dengan nama ilmiahnya ialah “Morus alba” mungkin sudah jarang dijumpai di daerah perkotaan—meski bukan mustahil menanam tumbuhan murbei di pekarangan rumah kita di perkotaan, apapun iklimnya, seperti yang pada rumah KWANG di Jakarta-Indonesia dan di Bangkok-Thailand. Idealnya, setiap pekarangan rumah kita ditanam sebatang pohon murbei sebagai tanaman herbal yang sewaktu-waktu atau secara rutin dapat dimanfaatkan.

Manfaat Daun Murbei bagi Kesehatan dan Cara Pengolahan Daun Mulberry untuk Obat Kecantikan Kulit maupun Organ Dalam Tubuh
 
Dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut “Mulberry”, dan oleh lidah orang kita dipelesetkan menjadi murbei, begitulah sejarahnya. Sejak jaman dahulu murbei telah diketahui mempunyai khasiat pengobatan. Murbei ini diduga merupakan tanaman asli dan herbal tradisional dari China daratan, sebelum kemudian menyebar ke seluruh dunia.
Daun murbei untuk obat Diabetes. Daun murbei segar 10 gram dicuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa +/- 1 gelas. Setelah dingin diminum secara rutin satu gelas setiap hari.
Untuk mengatasi Hipertensi. Daun murbei segar 15 gr dicuci bersih, Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin air rebusan dibagi 2, diminum pagi dan sore.
Untuk mengatasi Bisul dan radang kulit. Daun segar sebanyak satu genggam cuci lalu rebus dengan dua gelas air biarkan sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin kemudin disaring, diminum sekaligus. Rebusan daun murbei juga berguna untuk membersihkan darah secara alami jika diminum secara teratur.
Sebagai obat alami mengatasi “jantung yang lemah”. Murbei memiliki buah yang wujudnya menyerupai buah anggur dalam ukuran kecil, dimana buah murbei bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan alami di dalamnya mampu memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolesterol jahat sehingga mencegah penyumbatan di aliran darah, sehingga efektif dalam mencegah serangan jantung dan stroke.
Untuk menangani bisa ular. Daun murbei segar sebanyak 20 gram cuci lalu digiling halus, tambahkan 1/2 cangkir air masak, disaring dan diperas; air yang terkumpul bisa langsung diminum sekaligus.
Untuk mengatasi rematik. Ranting murbei kering sebanyak 15 gram rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.
Untuk mengatasi Hepatitis kronis, Anemia dan Hipertensi, bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah murbei segar.
Menghaluskan kulit dan Flek Hitam pada wajah dengan murbei. Murbei mengandung anthocyanin, jenis antioksidan yang lebih kuat daripada antioksidan dalam buah lainnya. Antioksidan ini dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dalam Murbei dapat menghapus bintik-bintik gelap di wajah.
Mengatasi “Rambut Rontok”. Jika ada yang menderita masalah kerontokan rambut, herbal berupa ekstrak murbei adalah alternatif yang aman dan alami. Produksi melanin di rambut bisa ditingkatkan oleh kandungan dalam buah murbei.
Luka bernanah karena infeksi, disebutkan pula dapat diatasi dengan daun mulberry. Hal itu karena Mulberry memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Kandungan yang terdapat senyawa kimiawi seperti, kaempferol-3-O-(6-O-acetyl)-beta-D-glucopyranoside, kaempferol-3-O-beta-D-glucopyranoside dan lain sebagainya.
Mengapa daun murbei bisa dijadikan sebagai herbal alami penyembuh borok atau luka, adalah karena daunnya mengandung antibakteria yang mempunyai fungsi mengusir mengusir bakter-bakteri yang menempel pada luka yang menganga—dan sudah KWANG coba sendiri, ternyata efektif serta manjur alias bukan mitos.
Cara yang digunakan untuk menyembuhkan borok dengan daun ini, menurut suatu sumber, adalah:
1. Siapkan daun mulberry yang masih segar.
2. Cuci hingga bersih kemudian olesi secara merata dengan minyak kelapa.
3. Layukan di atas api.
4. Memarkan atau remas dengan tangan Anda, setelah lumat tempelkan pada bagian yang luka.
5. Lakukan hal tersebut sampai luka benar-benar sembuh.
Dengan menggunakan cara ini, kita tidak akan khawatir lagi dengan efek samping yang ditimbulkan olehnya. Obat ini menjadi obat herbal untuk luka atau borok yang sangat aman. Karenanya, menanam murbei di pekarangan rumah, dapat menjadi P3K, pertolongan pertama pada kecelakaan.
Tanaman murbei ini semuanya bermanfaat, mulai dari buah, daun, hingga batangnya. Untuk daunnya, salah satunya untuk obat diabetes. Maka dari itu, jangan heran sekarang banyak beredar di pasaran produk teh seduh-celup dari daun murbei, dan mulai menyaingi kepopuleran daun teh biasa. Cobalah masuk ke situs toko online, dan ketikkan “daun murbei” pada kolom pencarian, maka akan tampak banyak sekali produk teh daun murbei dijual dalam kemasan di pasaran.
Tak hanya dijadikan teh, untuk merasakan manfaat daun murbei, bisa juga dikonsumsi dengan cara lain, yakni bisa dibuat menjadi sayur, atau kalau orang sunda biasanya dijadikan lalapan—namun KWANG hanya menyarankan daun murbei yang masih muda yang paling ideal untuk dikonsumsi secara lalapan tanpa perlu direbus terlebih dahulu.

Manfaat Daun Murbei bagi Kesehatan dan Cara Pengolahan Daun Mulberry untuk Obat Kecantikan Kulit maupun Organ Dalam Tubuh
 
Manfaat daun murbei ini, dibenarkan oleh Peneliti Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (Fema IPB) Clara M. Kusharto.
"Berdasarkan hasil-hasil penelitian, ditemukan bahwa daun murbei memiliki manfaat yakni berpotensi sebagai fitofarmaka atau herbal medicine. Bentuk herbal medicine yang terbuat dari daun-daunan murbei adalah teh, dimana teh tersebut berkhasiat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes mellitus," katanya, seperti yang dikutip dari laman ipbmagz.ipb.ac.id.
Selain daunnya, buah murbei juga memiliki banyak khasiat, di antaranya membuat awet muda, dan mencegah kanker. Buah murbei kaya akan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, dan mencegah terjadinya penuaan dini karena dapat berfungsi sebagai agen anti penuaan. Bahasa kerennya, buat murbei untuk obat alami “awet muda”.
Selain itu, warna merah keunguan yang terdapat pada buah murbei dihasilkan oleh pigmen warna yang disebut sebagai antosianin. Antosianin bermanfaat untuk mengobati banyak penyakit seperti diabetes, serangan jantung, mencegah ateroskelorosis (penyempitan pembuluh darah), dan mencegah kanker. Tak hanya itu, buah murbei juga terbukti mampu menurunkan kolesterol.
Hal ini telah diteliti dan dibuktikan di Departemen Gizi Masyarakat IPB, terhadap tiga kelompok tikus yang diberikan kolesterol dan sari buah murbei. Masih banyak manfaat lainnya dari buah murbei, seperti meningkatkan imunitas, mengatasi anemia, dan menjaga kesehatan mata.
Kini, murbei terkenal karena juga memiliki khasiat untuk kosmetik dan sebagai tanaman kesehatan. Karena menurut penelitian, daun murbei ini banyak mengandung bioaktif dan berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Untuk mengobati penyakit, yang digunakan adalah bagian daun, ranting, buah, dan kulit akarnya. Daun murbei muda berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, merangsang produksi ASI, mempertajam penglihatan, dan baik untuk pencernaan.
Buahnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengatasi sukar tidur, batuk berdahak, pendengaran kurang, sembelit pada orang tua, sakit tenggorokan, memperkuat ginjal, sakit otot dan kurang darah.
Sementara kulit akarnya pohon murbei digunakan untuk mengatasi obat sesak napas (asma), muka bengkak, kencing nyeri dan sakit gigi. Sedangkan rantingnya, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rematik, sakit pinggang, kram, tekanan darah tinggi dan menyuburkan pertumbuhan rambut.
Sifatnya yang diuretik (peluruh kencing) ini juga berkhasiat untuk menurunkan kadar “asam urat” yang berlebihan, mengatasi penyakit diabetes mellitus, kolesterol tinggi, sakit kulit, kaki gajah, sakit kepala, batuk, demam, dan disebutkan juga hingga mengobati penyakit malaria.
Konsumsi murbei ibarat membersihkan badan untuk membersihkan kotoran yang menempel di badan. Daun murbei yang diseduh seperti teh dapat membersihkan racun yang ada dalam tubuh”, ujar Ahmad Fauzi Skep.NS, praktikus kesehatan dan perawat dari Dinas Kesehatan Kediri, Jawa Timur.
Beliau menambahkan, daun murbei memiliki sifat detoksifikasi tinggi yang mampu menetralisir racun yang mengendap baik dalam darah maupun ginjal.
Daun murbei mengandung ecdysterone, inokosterone, lupeol, beta-siterol, moracetin, isoquesetin, scopolin, scopoletin, alfa, beta-hexenal, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, acetone, trigolline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B1, C dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat,dan phytoestrogens.
Zhen Ou Yang dan rekan dari School of Biological and Environmental Engineering Jiangsu University, Zhenjiang, Cina menambahkan daun murbei juga mengandung flavon, alkaloid, polisakarida, sterol, minyak volatil, asam amino, vitamin dan senyawa mikro lainnya yang memiliki aktivitas farmakologi. Seperti flavon yang merupakan antioksidan berperan dalam menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.
Sifat kimiawi dan efek farmakologis: Daun bersifat pahit, manis, dingin masuk meridian paru dan hati. Sedangkan buahnya bersifat manis, dingin, masuk meridian jantung, hati dan ginjal. Kulit akar bersifat manis, sejuk masuk meridien paru. Ranting pahit, netral, masuk meridien hati.
Kandungan kimia:
Daun murbei mengandung ecdysterone, lupeol, betasitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopolin, alfa, betahexenal, cis b eta hexenol, cis lamdahexenol, benzaidehide, eugenol, lanaloobenzyl alkohol, butylamine, acetone, trigonelline, cholin, adenin, asam amino, asam folat, copper, zinc, vitamin (A,B1,C dan Karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol dan juga mengandung phytoestrogens.
Teh murbei. Jika daun murbei dijadikan teh, maka sangat baik untuk kesehatan ginjal, insomnia, mengatasi darah kotor, kencing manis, keputihan, keracunan obat, gangguan narkoba, asam urat, kolesterol, pengeroposan tulang.
Selain itu, teh dari daun murbei juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit pada orang tua, menjaga stamina, mencegah penyakit stroke, menormalkan tekanan darah, menyeimbangkan berat badan, membantu menghilangkan panas dalam dan susah buang air besar / sembelit.
Bahkan, daun murbei pun mampu menurunkan tingkat pengumpulan lemak di hati, mengandung klorofil dan vitamin C, serta menetralkan racun karena bersifat detoksifikasi. Lengkap sekali bukan, 1 pohon, mulai dari bagian buah, batang, akar, daun, semua bersifat herbal berkhasiat dan hampir seluruh penyakit terkait tubuh manusia dapat diobati dengan satu pohon bernama tumbuhan murbei.
Berikut ini adalah beberapa fakta ilmiah yang mengenai khasiat dan manfaat daun murbei untuk kesehatan tubuh yang keampuhannya telah teruji secara klinis sebagai penyembuh berbagai penyakit
Mengatasi demam. Tenyata daun murbei memiliki khasiat yang mungkin tidak semua masyarakat kita mengetahuinya. Adapun cara membuat ramuan herbal untuk mengatasi demam dari daun murbei ini sangat mudah, cukup ambil daun segar 50 gram direbus dengan 3,5 gelas air selama 15 menit sampai mendidih, dinginkan kemudian peras dan saring dan minum airnya 3 kali sehari.
Untuk obat mengatasi Malaria. Daun segar 50 gram direbus dengan 3 gelas airselama 15 menit sampai mendidih, dinginkan dan minum airnya 3 x sehari.
Sebagai obat peluruh air seni. Daun segar 50 gram direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit sampai mendidih, dinginkan dan minum airnya 2 kali sehari.
Untuk memperbanyak produksi ASI. Selain untuk mengatasi demam, sebagai peluruh air seni, ternyata daun murbei ini memiliki khasiat lain yang luar biasa, yaitu dapat memperbanyak keluarnya ASI. Cara menggunakannya sangat mudah, daun murbei bisa dimasak sebagai sayur lalu dimakan dengan nasi.
Mengatasi tekanan darah tinggi. Daun murbei segar sebanyak 15 gram cuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. setelah dingin saring airnya dan minum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Mengatasi bisul dan radang kulit. Ambil satu genggam daun murbei segar, cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air biarkan hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan dan kemudian saring airnya kemudian minum sekaligus. Rebusan daun murbei ini juga bermanfaat untuk membersihkan darah jika diminum secara teratur.
Mengatasi luka / borok pada kulit tubuh. Cuci bersih daun murbei, lalu oleskan minyak kelapa. Layukan di atas api dan kemudian diremas-remas dengan jari tangan. Pakailah daun tersebut untuk menutup luka.
Sebagai sumber Antioksidan. Antioksidan adalah zat yang mampu mencegah rusaknya sel tubuh karena radikal bebas. Murbei ini kaya kana antioksidan. Selain itu, murbei juga mengandung resveratol yang membuat mereka yang mengkonsumsinya menjadi “awet muda”. Tidak perlu kosmetik pengencang kulit, cukup dengan herbal ini sebagai solusinya.
Membantu sistem imunitas / kekebalan tubuh.  Di dalam sel darah putih terdapat macrophages yang digunakan untuk mestimulasi sistem imun kita. Buah murbei memiliki kandungan alkaloid yang kaya akan macrophages, sehingga sangat baik untuk menigkatkan sistem immun atau sistem kekebalan tubuh.
Menyeimbangkan gula darah. Pengobatan tradisional dari china, Trinidad dan Tobago menggunakan buah ini untuk menyeimbangkan gula darah. Bagi Sobat yang memiliki keluhan penyakit gula darah, Sobat bisa mencoba untuk membuat obat penyembuh penyakit gula darah dari daun murbei ini. Selain sangat efektif, juga mudah untuk didapatkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, semudah memetik sendiri dari pekarangan rumah.
Sebagai camilan sehat bergizi. Murbei mengandung seperti protein, vitamin C dan K serta serat. Buah murbei memiliki rasa yang “tidak asam-asam amat” dan agak empuk, sementara daun murbei ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Mencegah pendarahan dan pembengkakan. Pengobatan tradisional China menggunakan murbei untuk penyembuhan luka atau pembengkakan, penelitian terbaru juga menyatakan bahwa perpaduan antara daun murbei dan kurkumin dapat dipergunakan untuk mengatasi iritasi.
Justru, daun murbei memberi manfaat bagi kesehatan, jika kita rutin mengonsumsinya. Salah satu manfaat daun murbei, jika dikonsumsi secara rutin yaitu mampu menyembuhkan penyakit asam urat. Daun murbei bisa dijadikan sebagai obat asam urat, karena tanaman ini memiliki kandungan anti inflamasi.
Menurut The Journal of Functional Foods pada tahun 2013, terbukti bahwa daun murbei atau mullberry memang mengandung anti inflamasi. Dengan demikian, berkat adanya kandungan tersebut, daun murbei mampu mencegah iritasi kecil berkembang menjadi peradangan.
Lalu, bagaimana cara mengolah daun murbei untuk kesehatan dan mengobatan penyakit? Berikut cara mengolah daun murbei berdasarkan pengalaman KWANG pribadi, jadi bukan konon, mitos, ataupun “katanya”, dan bisa Sobat pelajari tips berikut dan praktikkan sendiri di rumah, karena mudah tanpa repot.
Daun murbei, untuk mengobati organ dalam tubuh, bisa dengan dua cara pengolahan. Pertama, daun murbei yang masih muda dan teksturnya masih agak basah atau masih bewarna hijau muda, bisa dilalap atau dimakan langsung tanpa perlu pengolahan apapun.
Kedua, daun murbei kering maupun daun murbei segar direbus dan airnya yang berwarna kehijauan langsung diminum, atau dijadikan sejenis teh jika daunnya sudah dijemur dan dikeringkan dengan cara diseduh seperti teh pada lazimnya.
Lalu, untuk mengobati borok, gatal-gatal, ataupun bentol pada permukaan kulit tubuh, daun murbei ternyata sangat berkhasiat dan langsung terlihat manfaatnya meski tetap harus dipakai secara rutin (namanya juga herbal, tidak bisa instan langsung seketika tuntas seperti obat kimia, namun harus bersabar dan rutin atau kontinue dalam beberapa jangka waktu pemakaian).
Caranya, gerus daun murbei segar dengan ulekan batu yang biasa dipakai untuk memasak, dengan sedikit air bersih, hingga airnya menjadi bewarna hijau. Air hijau hasil tumbukan atau gerusan daun murbei segar itulah, yang kemudian dibalurkan atau dioleskan ke sekujur kulit tubuh yang ingin dirawat kesehatannya agar tampak mulus dan bersih, atau dikompreskan dengan sebuah kain pada bagian kulit yang borok, ataupun bentol-bentol.
Dari pengalaman KWANG, kulit yang gatal dan bentol, cukup dibalur atau dioleskan saja dengan air hijau gerusan daun murbei segar. Namun untuk luka kulit yang cukup serius seperti borok, perlu dikompres, dan kain kompres dicelupkan atau dibasahi air hijau daun murbei kembali jika sudah kering lalu dikompreskan kembali ke permukaan kulit setiap tiga atau empat jam sekali.
Demikian prosesnya perlu diulangi secara sabar dan rutin hingga hasilnya optimal. Hasilnya cukup memuaskan dan cepat terlihat hasil positif langsungnya, dari pengalaman KWANG, sehingga dapat disimpulkan khasiat atau manfaat daun murbei memang bukanlah mitos atau cerita belaka.
Tampil “sehat alami” dengan herbal daun murbei. Back to nature, sehat bisa bersumber dari pekarangan rumah kita sendiri, karena murbei mudah ditanam secara “stek” batangnya ke tanah jenis apapun (tidak harus tanah yang subur, tanaman murbei cukup tahan dalam iklim apapun), serta mudah dirawat. Semoga tips serta informasi penting dalam artikel ini, membawa banyak manfaat bagi Sobat pembaca.
Karena KWANG EARRINGS adalah teman terbaik mu! 😊
SUMBER RUJUKAN:
https:// www. idntimes .com/health/fitness/iip-afifullah/manfaat-daun-murbei-exp-c1c2/full
https:// bungabunga .co.id/manfaat-daun-murbei/
https:// manfaat .co.id/manfaat-daun-murbei
https:// tipspetani .blogspot.com/2016/07/manfaat-tanaman-murbei-untuk-obat-alami.html
https:// www. fimela .com/beauty-health/read/3847981/mulberry-penyembuh-borok-pada-kulit. Oleh: Yuni Astutik
https:// bogor. tribunnews .com/2016/02/26/ini-dia-khasiat-murbei-daunnya-bisa-obati-diabetes-buahnya-untuk-awet-muda-dan-cegah-kanker. Penulis: Vivi Febrianti
https://www. kaskus .co.id/thread/52b8f7dabdcb179d2a8b4719/daun-murbei-si-hijau-kaya-manfaat/
https:// groups. google .com/forum/#!category-topic/wisbenbae/fhCSwdrl9Fo
https:// www. viva .co.id/blog/kesehatan/954133-ungkap-khasiat-daun-murbei-untuk-asam-urat

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Untuk memesan Asesoris Perhiasan Imitasi Impor Berkualitas KWANG EARRINGS. baik eceran maupun dengan grosiran, silahkan kirimkan pemesanan Anda (Mohon cantumkan link url asesoris yang dipesan untuk kami pastikan ketersediaan stok produk). Tidak ada minimum pembelian jumlah item secara eceran, Bagi yang membeli secara grosir, mendapat diskon khusus. namun disertai ongkos kirim kurir JNE dari Jakarta, Indonesia:
- instagram dengan ID kwang_earrings
- email, telepon ataupun chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA
- WhatsApp : (+62) 0817-4924-150.
- Juga Follow kami di Facebook: kwang_earrings

Syarat & Ketentuan:
- kerusakan dalam proses pengiriman, diluar tanggung jawab kami selaku penjual / supplier.
- tidak disertakan garansi, karena produk yang kami kirimkan dipastikan dalam kondisi baik dan utuh saat proses pengepakan dan pengiriman ke alamat pembeli.
- produk yang telah dipesan dan dikirimkan, tidak dapat dibatalkan ataupun ditukar.
- jika pelanggan puas atas layanan dan produk kami, mohon kesediaannya untuk dipromosikan ke rekan-rekan dan kerabat.

KWANG EARRINGS mengucapkan terimakasih atas kunjungan serta pembeliannya. Kami senang dapat membantu para wanita untuk tampil cantik dan manarik, dimana dan kapan pun berada, berapa pun usianya (tanpa batasan umur).
Berjiwa muda dan tampil belia, adalah keajaiban yang dapat dibantu oleh asesoris yang menawan sekaligus memikat. Kami senang dapat menyediakan pilihan perhiasan imitasi yang terjangkau namun tetap memperhatikan kualitas produk yang kami tawarkan secara eceran maupun grosiran.

Kami tunggu pesanan Anda, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.
Peluk dan Cium Erat!

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077 (PENTING : Pastikan simbol "+" disertakan sebelum input prefiks "66" dalam daftar nomor kontak pada perangkat seluler penelepon);
- email, telepon, atau chatting online via Google Hangout : kwang.earrings@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

TESTIMONI PEMBELI

TESTIMONI PEMBELI
Klik Gambar untuk Melihat TESTIMONI Pembeli Produk KWANG EARRINGS