Kiat Berlatih Memulai Berpikir Positif, POSITIVE THINKING dengan Cara yang Sederhana

By PUBLISHER - November 10, 2020

Kiat Berlatih Memulai Berpikir Positif, POSITIVE THINKING dengan Cara yang Sederhana
Es krim hari ini enak menyegarkan, kabar bagus, YES! Mau?

Winston Churchill
: “If you are goin through hell, keep going.“

Mengapa menjadi orang yang selalu mengeluh dan “negatif”, adalah meletihkan? Bukan hanya orang lain yang mendengar berbagai keluhan itu yang menjadi letih, namun mereka yang kerap berkeluh-kesah juga adalah orang-orang yang sangat letih karena gagal untuk secara kreatif menemukan hal positif dalam hidup ini, sehingga hanya dapat bersikap seolah-olah dirinya sendiri yang paling menderita dalam hidup ini, dan kemudian mencoba menyerap “cemerlang sinar kehidupan” dari orang-orang terdekatnya sendiri.

Bahkan disaat-saat paling buruk sekalipun, selalu ada sesuatu yang bisa kita berikan senyum ringan dan membuat kita sedikit lebih merasa lega. Identifikasi dan bercermin pada dua atau tiga hal positif yang telah terjadi dalam satu hari kita, dapat membantu kita menemukan sisi positif dalam hidup kita sehingga kita akan menjadi lebih positif terhadap dunia maupun terhadap diri kita sendiri.

Dengan memulai menjadi lebih positif terhadap hidup dan diri kita sendiri, kita akan bisa dengan lebih mudah membuka mata terhadap kebahagiaan, dan dengan cara begitulah kita menjadi satu-kesatuan dengan kebahagiaan.

Jika kita bisa membiasakan diri untuk melakukan rutinitas menemukan dan menyebutkan hal-hal positif dalam sepanjang rutinitas keseharian kita, hari kemarin, atau tahun lalu, maupun hari ini dalam kehidupan normal sehari-hari, kita akan berhasil membentuk jalur saraf neuron pada otak kita, yang akan melayani kita dengan baik tatkala ketika kita dihadapkan dengan masa-masa yang sangat sukar dan kemalangan besar yang tidak pernah kita harapkan ataupun kondisi yang kurang menguntungkan posisi kita.

Dalam satu hari kehidupan yang sedang kita jalani, ada hal yang positif dan pelajaran yang dapat kita petik ketika kita mencoba lebih peka dan lebih menyimak seputar kehidupan kita. Seringkali hal itu tidak terlihat jelas pada tampak di permukaan. Kita harus mencarinya, dan kerap kali harus mencarinya dengan saksama.

Meski demikian, kita dapat saja membantu diri sendiri untuk mengatasi masa-masa sulit lebih baik lagi dengan mulai belajar berlatih untuk mencari suatu yang positif dari hidup keseharian kita sendiri. Tidak ada salahnya dan tidak ada ruginya untuk dicoba, bukankah begitu?

Untuk menghadapi kekecewaan, kemunduran, trauma, maupun tragedi, Nat telah merawat ibunya yang sakit selama 18 bulan sebelum kemudian ibunya meninggal, ia berkata: (dikutip dari Gill Hasson, “POSITIVE THINKING : Find Happiness and Achieve Your Goals Through the Power of Positive Thought” (Menemukan kebahagiaan dan Meraih Impian Melalui Pemikiran Positif), Penerjemah : Agnes Cynthia, Gramedia Pustaka Utama, Cetakan Kedua 2019, Jakarta)

Aku hanya bisa melihat segala hal buruk—penderitaan dan rasa sakit yang ibuku alami, bagaimana merawatnya telah mempersempit hidupku, dimana saudaraku hampir-hampir tidak membantu. Aku hanya melakukan kewajibanku, sama sekali tidak terpikir olehku bahwa mungkin ada aspek positif dari situasi ini yang sedikit-banyak bisa menghiburku.

Seorang teman memberitahuku tentang konsep mengidentifikasi dan merenungkan dua atau tiga hal positif di akhir sebuah hari. Untuk itu aku menaruh catatan di samping cermin toilet untuk mengingatkanku. Tidak butuh waktu lama untuk terbiasa dengan kebiasaan baru ini yang mulai menjadi rutinitas penguatan diriku sendiri yang butuh mengisi daya mental.

Sekarang, ketika aku dihadapkan dengan situasi yang sulit dan menantang, aku berpikir sendiri, “Apa yang positif dan bisa kupelajari dari ini?” Tidak perduli terlihat seburuk apa pun situasinya, lumayan mudah bagiku untuk menemukan sedikit hal baik. Hal itu memang tidak mengubah apa yang telah terjadi atau terhadap apa yang harus kuhadapi, tetapi hal itu benar-benar membantuku untuk tidak menjadi kewalahan karenanya.

Mengidentifikasi hal-hal baik yang terjadi setiap hari adalah apa yang dilakukan oleh orang-orang yang hendak mengisi “baterai” tubuh dan batinnya setelah letih menghadapi rutinitas kehidupan sehari-hari. Kita hanya perlu mencobanya, mulai membiasakan melakukannya, secara teratur, dan ketahuilah bahwa hal itu bisa membantu kita untuk merasa cukup lega saat hari itu berakhir dan untuk mempersiapkan diri menyambut hari esok, bahwa tidak semuanya berjalan buruk.

Cara itu jugalah metode kita untuk memberikan “hadiah” bagi diri kita sendiri setelah seharian menjalani hari yang keras dan meletihkan. Kita selalu berhak diberikan hadiah oleh diri kita sendiri serta untuk memberikan hadiah kepada diri kita sendiri yang telah belajar, berjuang, bekerja, serta berlatih secara keras.

Contoh, pada akhir sebuah hari, kita dapat melakukan relfeksi dengan menyebutkan setidaknya tiga diantara berbagai kemungkinan yang terjadi pada hari itu, seperti:

  • Cuaca cerah.
  • Tubuhku sehat dan semuanya sehat.
  • Aku tidak membuat perbuatan konyol hari ini.
  • Gerimis dan hujan kecil yang menyejukkan.
  • Film hari ini bagus.
  • Sudah satu artikel berhasil ditulis.
  • Aku bisa bangun pagi-pagi sekali hari ini.
  • Kemarin malam aku tidak tidur terlampau larut malam.
  • Makanan hari ini lezat dan menyenangkan mencoba menu baru.
  • Tidak ada orang yang mengganggu hari ini.
  • Tidak ada binatang yang mengotori halaman rumah hari ini.
  • Ada pesanan dari pembeli hari ini.
  • Traffic website meningkat, kabar bagus.
  • Satu latihan fisik ringan telah dilakukan tadi siang.
  • Target bulan ini tercapai hari ini.
  • Tidak ada komplain dari customer.
  • Listrik tidak padam hari ini.
  • Arus internet lancar hari ini.
  • Air bersih lancar hari ini.
  • Aku cukup menjalankan disiplin diri hari ini.
  • Tekadku cukup baik hari ini dengan tidak melanggarnya.
  • Aku bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk bermeditasi hari ini.
  • Pesanan sampai dengan aman dan selamat kepada pembeli.
  • Pesanan tiba tepat pada waktunya.

Dan masih banyak lagi kabar-kabar baik yang bisa kita susun, temukan, dan sebutkan untuk setiap harinya, yang dapat kita berikan sebagai hadiah penutup atau memulai hari bagi diri kita sendiri, agar dapat kembali bersemangat menyambut hidup.

Berpikirlah positif, untuk diri kita sendiri, demi kebahagiaan dan semangat hidup kita sendiri. Dengan memiliki “positive thinking”, kita akan mampu meraih serta mencari kebahagiaan kita sendiri tanpa membebani orang lain.

Orang-orang yang mampu berpikir positif adalah orang-orang yang kreatif serta penuh kebahagiaan. Jika bisa menjadi orang yang berpikiran positif dan berbahagia karenanya, mengapa juga memilih untuk menjadi orang-orang yang berpikiran negatif dan menderita karenanya?

Karena KWANG akan selalu menjadi teman terbaik Sobat! 😇😆💖💗💝

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Ikuti juga sosial media kami pada business.facebook, dengan akun : "Expat 2 Local Thai" / @guideriana

Rincian layanan JasTip (Jasa Titip) produk Thailand, dapat dilihat pada menu "Jasa Pencarian, Jasa Titip, dan Pengiriman Produk Thailand ke Indonesia".

Rincian layanan Private Tour Guide di Bangkok-Thailand, dapat dilihat pada menu "Private Tour Guide Riana".

NOTE REDAKSI : Seluruh info kontak dalam website ini diperuntukkan khusus untuk tujuan pemesanan dan bagi pengguna jasa layanan yang kami tawarkan dalam website ini. Menghubungi kami diluar peruntukan tersebut, dimaknai sebagai menyalah-gunakan nomor / email kontak kerja profesi kami, tidak akan ditanggapi.

Mohon kesediaan menunggu sejenak bila belum ada tanggapan secara segera, karena faktor kesibukan atau karena lain sebab. Pemesanan akan kami respons sesegera yang kami mampu.

Khusus untuk keperluan pemesanan barang dari Thailand, pemesanan dompet impor souvenir resepsi pertunangan / perkawinan, maupun untuk jasa PRIVATE TOUR GUIDE LEADER FREELANCE RIANA di Thailand, contact person:
- WhatsApp : (Thailand prefiks +66) 977-146-077 [PENTING : Pastikan simbol "+" disertakan sebelum input prefiks "66" dalam daftar nomor kontak pada perangkat seluler penelepon];
- email: guide.riana@gmail.com
- LINE : RIANASHIETRA

Konsumen / pengguna jasa dapat melakukan pemesanan pada nomor kontak / email yang tercantum dalam menu "HUBUNGI KAMI" atau pada rincian "contact person" di atas, bukan pada kolom komentar pada posting website.

Kami tunggu pesanan teman-teman sekalian dimana pun berada, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.

Salam hangat dari Bangkok, Thailand.
ttd
GUIDE RIANA