Yuk Senam / Olahraga MATA, Jaga Kesehatan MATA, Modal Kita untuk Seumur Hidup Kita yang Masih Panjang

Yuk Senam  Olahraga MATA, Jaga Kesehatan MATA, Modal Kita untuk Seumur Hidup Kita yang Masih Panjang

Umur kita masih sangat panjang, terutama bagi yang masih berusia muda. Karenanya, menjaga kesehatan sepasang mata kita sangatlah penting, disamping asupan nutrisi yang bergizi seperti sayur-sayuran sumber Vitamin A, mengingat indera penglihatan adalah salah satu organ tubuh yang menjadi modal utama kita untuk seumur hidup, dimana menjadi pula jendela dunia kita, dan sumber pengetahuan pokok kita maupun ketika kita menghimpun informasi dari dunia di sekitar kita.

Dengan demikian, pintu masuk segala informasi dunia luar, secara mayoritas dihimpun oleh sepasang indera penglihatan kita, disamping indera pendengaran. Hampir seumur hidup kita, belajar dan bekerja dengan pintu informasi yang bersumber dari indera penglihatan.

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh kita, ialah dengan cara berolahraga, tidak terkecuali senam untuk sepasang mata kita. Sudahkan Sobat KWANG senam atau olahraga MATA kita, hari ini? Tips berikut ialah teknik untuk olahraga kedua bola mata kita yang bisa dilatih serta dipraktikkan di keseharian, sangat sederhana sehingga adalah mustahil bila kita beralasan "tidak punya waktu" untuk mengolah-ragakan organ terpenting dalam tubuh dan hidup kita, yang selalu kita pakai sehari-harinya, yakni sepasang bola mata kita. 

Dicoba yha.  Pijat lembut area bagian bawah mata kita pakai jari. Sebagai tambahan dari informasi di sumber lain yang pernah KWANG dapatkan dan praktikkan di keseharian, salah satunya ialah "kerjapkan mata", caranya kedipkan mata buka tutup buka tutup dengan cepat, lalu sesekali tutup rapat-rapat kedua kelopak mata sampai kelopak di bawah mata berkerut sebentar setelah itu buka (mungkin untuk lancarkan aliran darah mata) dan kedip-kedipkan kembali, demikian untuk seterusnya, diulang-ulang. 

Juga kedua bola mata diputar arah matanya, dengan membentuk gerakan melingkar, secara bolak-balik. Tujuannya ialah konon untuk latih otot-otot mata. Lalu juga samping kiri dan kanan alis (dekat telinga), ada bagian yang lunak, itu bisa dipijat secara lembut dengan jari tangan kita. 

Memang ada kalanya demi keperluan pekerjaan, kita tidak dapat menghindarkan diri sepenuhnya untuk tidak menatap layar gadget digital maupun layar komputer kita. Namun sebenarnya dapat kita sikapi secara bijaksana untuk mitigasi resiko mata yang letih atau sakit karena menatap layar yang silau, ialah dengan mengaktifkan fitur "DARK MODE" ataupun "DARK THEME" pada sistem operasi di komputer kita maupun pada berbagai aplikasi perangkat seluler kita.

"DARK THEME" jika pada Komputer PC sistem operasi Windows, dapat ditemukan pada menu "setting", cari "Theme", dan pilih "DARK THEME", dimana layar putih berubah menjadi hitam, dan tulisan yang hitam berubah jadi putih, sehingga tidak akan menyakitkan mata ketika membaca layar komputer maupun ketika mengetik di komputer. Berbagai applikasi messenger di Handphone kita pun rata-rata setelah kita update aplikasi terbaru, tersedia menu opsi "DARK MODE" pada setting aplikasi seperti LINE, WhatsApp, dsb.

Demikianlah tips sederhana tentang olahraga mata, selamat mencoba dan berolahraga mata.

Sayangi dirimu, sayangi matamu. Karena KWANG akan selalu menjadi sahabat terbaik Sobat! 😀😁😇
💝🎀📦✈🛩🛳🚢

You Might Also Like

0 comments