Uniknya Buah-Buahan Thailand, Tanaman Buah yang Disiram Susu menjadi Manis Rasanya, dan Buah Asam Tamarin yang Besar Ukurannya

By PUBLISHER - March 01, 2021

Uniknya Buah-Buahan Thailand, Tanaman Buah yang disiram Susu menjadi Manis Rasanya, dan Buah Asam Tamarin yang Besar Ukurannya
Manisan yang terbuat dari Buah Asam Thailand (Thai Tamarin). Yang satu ini rasa spicy, dibumbui cabai dan gula. Mau Coba?
Uniknya Buah-Buahan Thailand, Tanaman Buah yang disiram Susu menjadi Manis Rasanya, dan Buah Asam Tamarin yang Besar Ukurannya
DI Thailand terkenal dengan aseman / manisan Tamarin seperti satu ini. Asem tapi dicampur taburan gula dan kadang ada juga yang dibuat "spicy" jadi ada sensasi "asam-asam pedas" atau "pedas-pedas asam" gitu (entah mana yang benar). Manis, pedas, dan asam jadi satu. Yum yum YUMMY! Ke Thailand, belum lengkap bila belum mencoba manisan Tamarin, khas Thai.

Saat artikel ini KWANG tulis, KWANG sedang hamil muda, di Thailand, dan "ngidam" masakan Indonesia. Harap maklum, KWANG lahir dan tumbuh besar di Indonesia sekalipun kini menetap di Thailand. Di Bangkok, ibukota dari Thailand, KWANG sukar sekali dalam mencari dan untuk dapat menemukan masakan Indonesia, sekalipun telah mencarinya secara online.

Langkanya restoran yang menjual masakan Indonesia di Bangkok, mungkin diantara Sobat pembaca ada yang berminat membuka kedai masakan Indonesia di Thailand? Setidaknya agar para Warga Negara Indonesia yang kebetulan sedang "ngidam" di Bangkok dan wilayah lain di Thailand, tidak kesulitan dalam mencari dan mendapatkan masakan Indonesia.

Ada satu restoran Indonesia di Bangkok yang KWANG ketahui, namun saat kini restoran itu tutup akibat pandemik Corona Virus. Suami dari KWANG mencarikan informasi restoran lain yang menjual masakan Indonesia secara online, namun hanya ada satu restoran lain yang menjual ayam goreng (itu pun rasanya kurang enak) dan nasi goreng (bisa bikin sendiri di rumah).

Lidah KWANG serasa selalu asam, makanan apapun yang masuk ke dalam mulut, terasa mual, dan tiba-tiba suka drop kesehatannya seperti hendak pingsan sekalipun pada awalnya sehat-sehat saja, makanan pun jadi serba terbatas dan menjadi kurang berminat pada aroma maupun citarasa masakan Thailand.

Kini, setiap jam-nya KWANG harus mengemil sesuatu, agar janin dalam kandungan yang baru beberapa bulan usianya, mendapatkan nurtrisi yang cukup. JIka memakan snack, maka rasanya tidak membuat kenyang disamping nutrisi yang minim. Satu-satunya alternatif ialah memakan buah-buahan.

KWANG tergolong kurang menyukai masakan berbahan daging, dan lebih menyukai memakan sayur-sayuran--minat yang berkebalikan dengan kebanyakan orang yang justru tidak suka memakan sayur. Penciuman KWANG pun menjadi sangat peka disamping durasi jam kerja menjadi menurun staminanya sementara pesanan dari pengguna jasa JasTip REMEMBERTHAI mengalir terus dan perlu dilayani.

Ngidamnya KWANG, ialah bermimpi dan memimpikan memakan siomay, bakso, batagor, gorengan uyen-nya pedagang cicongwan, nasi padang, nasi bakar, pem-pek, nasi hainam (di Thailand ada nasi hainam, namun kurang enak dan tidak harum), soto, nasi uduk, sayur asem, dan lain-lain. Pingin sekali, kepingin... hink hink, ngidam... kepingin banget masakan Indo... 😂😅😋. Sayang sekali tidak dapat import makanan dari Indonesia.

Ingin masak sendiri, tapi tidak punya tenaga, lemas, energi sudah habis terkuras untuk pekerjaan, padahal untuk meracik bumbu sesuai resep masakan Indonesia butuh waktu lama sekali. Mengupas bawang dan menumbuk rempah-rempah untuk membuat ayam goreng, butuh waktu lama sekali hingga berjam-jam lamanya, namun dimakannya hanya dalam sekejap mata.

Dari berbagi kesukaran dimasa hamil muda, KWANG share kisah menarik tentang buah-buahan Thailand ya, kepada Sobat-Sobat pembaca. Di Thailand, ukuran buah serba ekstrim, ada cabe raksasa, juga buah asam (Tamarin) raksasa, namun juga ada buah-buahan mini, seperti nanas mini, apel mini, dsb.

Uniknya Buah-Buahan Thailand, Tanaman Buah yang disiram Susu menjadi Manis Rasanya, dan Buah Asam Tamarin yang Besar Ukurannya
Ini Tamarin, atau yang di Indonesia dikenal dengan nama Buah Asem / Buah Asam. Bisa dimakan langsung begini ternyata, setelah dikupas sendiri kulitnya oleh kita... Rasanya ambar. Biasa orang yang sudah tua usianya yang suka cemilin buah Tamarin segar ini.

Di Thalland banyak sekali pohon-pohon asam. Tidak heran bila sebagian besar kuliner di Thailand bumbunya ialah buah asam, sehingga tidak aneh lagi bila citarasanya ialah serba asam. Sebagian besar turis mancanegara yang masih berusia dibawah umur yang pernah KWANG bawa saat sebagai Tour Guide di Thailand, seringkali tidak cocok selera lidahnya dengan citarasa kuliner Thai yang serba asam ini.

Uniknya Buah-Buahan Thailand, Tanaman Buah yang disiram Susu menjadi Manis Rasanya, dan Buah Asam Tamarin yang Besar Ukurannya

Coba Sobat lihat buah di bawah ini, buah apakah ini yang bewarna hijau kecil di dalam keranjang?

Uniknya Buah-Buahan Thailand, Tanaman Buah yang disiram Susu menjadi Manis Rasanya, dan Buah Asam Tamarin yang Besar Ukurannya

Uniknya Buah-Buahan Thailand, Tanaman Buah yang disiram Susu menjadi Manis Rasanya, dan Buah Asam Tamarin yang Besar Ukurannya

Mirip seperti buah apel kecil ya, wujud buahnya? Rasanya manis-manis tersembunyi, "juicy" (berair) dan "crunchy" (empuk) gitu. Dulu, pada awal sejarahnya, menurut cerita dari suami KWANG, buah ini tidak manis seperti sekarang ini.

Tapi kemudian, menurut sejarah kisahnya, ada yang nanam di daerah semacam pegunungan namanya Khao Yay, terus penduduk di sana pelihara sapi dan susu dari sapi yang mereka ternak, ternyata kebanyakan stok (susu sapinya melimpah). Jadinya itu susu disiramkan ke tanaman buah ini. Jadilah, buah pohonnya menjadi manis seperti sekarang ini. Siapa yang akan menyangka, bukan?

Uniknya Buah-Buahan Thailand, Tanaman Buah yang disiram Susu menjadi Manis Rasanya, dan Buah Asam Tamarin yang Besar Ukurannya

Jadinya setelah disiram susu sapi pohonnya, buah-buah dari pohon itu jadi manis-manis rasanya ketika dimakan dan namanya jadi "phusa cin nom". "Nom" dalam Bahasa Thai, artinya "susu". "Phusa cin" adalah nama buahnya ini pada awal-awalnya.

Ternyata, air susu sapi ialah PUPUK TANAMAN PALING HEBAT UNTUK MEMBUAT BUAHNYA MENJADI MANIS! KWANG menyebutnya sebagai "teknik menyusui pohon", agar manis. Luar biasa, bukan ajaibnya pupuk yang terbuat dari air susu sapi segar? Sebaliknya, jangan pernah siram tanaman buah kita dengan oli bekas ataupun sampah plastik, karena selain bahaya akumulasi logam berat juga ancaman micro-plastic yang dapat terserap oleh tanaman buah yang kita makan.

Jadi teringat pula pada Bhante Sivali pada zaman Buddha Gotama, yang dikenal selalu mujur kemana pun Bhante Sivali berada, dan tidak pernah kekurangan makanan, bahkan selalu berkelimpahan kemujuran, karena pada kehidupan sebelumnya pada era Sammasambuddha sebelumnya, ia berdana air susu kambing yang si kambing selama ini diberi minum air susu, sehingga air susunya si kambing lebih susu daripada susu biasa, sebelum kemudian didanakan sebagai persembahan dana kepada Buddha pada zaman itu.

Contoh lain, madu dari lebah yang hidup di penangkaran, akan berbeda citarasanya dengan madu dari lebah yang hidup di hutan. Lebah yang mengisap bunga pohon lengkeng, misalnya, akan memiliki madu dengan citarasa lengkeng. Sampai berjumpa dilain kesempatan dengan artikel-artikel menarik lainnya dari REMEMBERTHAI, everythings about Thailand stories.

So, ready to start and shopping with us? 💝🎀📦✈🛩🛳🚢

Love from Bangkok, Thailand. 💙💚😀😊

Best Regards, 💝🎀📦🛩✈🚢🛳

-Remember Thai Team-

Bangkok, Thailand. Jakarta, Indonesia.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Ikuti juga sosial media kami pada business.facebook, dengan akun : "Expat 2 Local Thai" / @guideriana

Rincian layanan JasTip (Jasa Titip) produk Thailand, dapat dilihat pada menu "Jasa Pencarian, Jasa Titip, dan Pengiriman Produk Thailand ke Indonesia".

Rincian layanan Private Tour Guide di Bangkok-Thailand, dapat dilihat pada menu "Private Tour Guide Riana".

NOTE REDAKSI : Seluruh info kontak dalam website ini diperuntukkan khusus untuk tujuan pemesanan dan bagi pengguna jasa layanan yang kami tawarkan dalam website ini. Menghubungi kami diluar peruntukan tersebut, dimaknai sebagai menyalah-gunakan nomor / email kontak kerja profesi kami, tidak akan ditanggapi.

Mohon kesediaan menunggu sejenak bila belum ada tanggapan secara segera, karena faktor kesibukan atau karena lain sebab. Pemesanan akan kami respons sesegera yang kami mampu.

Konsumen / pengguna jasa dapat melakukan pemesanan pada nomor kontak / email yang tercantum dalam menu "HUBUNGI KAMI" atau pada rincian "contact person" di atas, bukan pada kolom komentar pada posting website.

Kami tunggu pesanan teman-teman sekalian dimana pun berada, akan kami kirimkan pesanan Anda dengan hati yang penuh kehangatan untuk Anda atau untuk buah hati dan keluarga yang Anda kasihi.

Salam hangat dari Bangkok, Thailand.
ttd
GUIDE RIANA & REMEMBERTHAI TEAM