Cara Memenuhi Kapasitas Diri Menurut Feng Shui

Feng shui selama ini menjadi topik menarik yang kita dapat pertimbangkan untuk dimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari demi perubahan yang lebih baik. Percaya atau tidak, tetapi feng shui selalu menarik untuk disimak.

Suatu hari, dari video blog sahabat Remember Thai yang berprofesi di bidang feng shui, kami mendengar satu topik mengenai 'Internal Opportunity'. 🎢🎡

Dalam pembahasan kali ini, Remember Thai akan berbagi informasi yang menarik ini dalam bahasa yang lebih ringan, yakni bagaimana mencari tahu kapasitas internal diri kita serta bagaimana cara memenuhinya? Yuk kita simak bersama☝πŸ‘€

1. Kapasitas

Bagaimana cara kita mengetahui dan berupaya mengubah kapasitas hidup kita?

Dalam feng shui terdapat berbagai vektor dan perhitungan-perhitungan untuk dapat mengetahuinya. semisalkan, dengan tanggal dan jam lahir sekian, maka harus melihat dari arah Barat Laut dan seterusnya. Remember Thai akan merangkum dan mengambil inti agar lebih mudah dimengerti. 

Intinya yakni melihat dari life palace. Antara satu orang dengan orang yang lain mungkin akan berbeda, karena memiliki perhitungan yang berbeda. 

Apabila semisalkan berdasarkan perhitungan, life palace Anda berada di arah Barat Daya, maka lihatlah ruangan di rumah Anda yang berada di arah tersebut.

Lihat berupa apakan ruangan tersebut? Seperti apa kondisinya? Apakah bersih, luas, terang dan terawat? Karena demikian pulalah kondisi mental, spiritual dan emosional kita. Sebaliknya jika sumpek, tidak bersih dan kotor, inipun menjelaskan kondisi mental, emosional dan spiritual kita saat ini.

Tapi, ini bukanlah harga tetap. Tahu kenapa? Kabar baiknya, karena seperti apapun kondisi ruangan tersebut, kita dapat mengubahya! πŸ˜Š

Bagaimana caranya? Yakni dengan cara membersihkannya.

Kebiasaan kita pada umumnya, keep barang lama dengan pemikiran "Sayang dibuang, suatu saat mungkin akan terpakai". Haha, saat mendengarnya, terasa disentil. Beberapa orang juga ingin memiliki storage room sebesar-besarnya dan menyimpan barang yang tidak terpakai selama bertahun-tahun. Padahal, menurut feng shui, hal tersebut tidaklah disarankan.

Mengapa? Karena tanpa sepengetahuan kita, menumpuk barang yang tidak terpakai, maka mereka akan membuat blockage atau penyumbatan 'chi' atau energi untuk mengalir (stucknation for chi to flow). Efeknya? Memungkinkan kita merasa lemas, tidak bersemangat, tidak ada energy atau merasa tidak ada kemajuan ataupun perubahan.

So, what should we do?

Buatlah space atau ruang. Tidak masalah jika ruangan tersebut kecil, kita dapat membersihkannya, mengeluarkan barang yang tidak perlu atau tidak terpakai, buat beberapa perubahan baru, pasanglah lampu yang cukup penerangannya. Clean it  out!

Namun, bagaimana jika kita tidak paham dengan perhitungan-perhitungan feng shui tersebut? Menurut tim Remember Thai, kita dapat mengambil cara yang paling sederhana. Kita lakukan saja pada tempat dimana kita paling sering berada untuk beraktifitas. 

Membersihkan, mengubah tata letak furniture minimal setahun sekali. Ruangan yang sudah bersih juga dapat kita modifikasi dengan meletakkan hiasan kecil yang kita sukai. Bayangkan, sepertinya hal sederhana ini pun dapat mempengaruhi semangat dan membangun "mood" kita saat memasuki ruangan, bukan? =)

Meski ruangan dan tempat yang sama, kita mengusahakannya untuk tetap bersih dan flow dalam bentuk perubahan atau sesuatu yang baru. 

Ide lainnya, merapikan lemari. Lemari pakaian, laci meja rias, laci meja kerja, meja kerja, apapun itu. 

Kita dapat mengelap, menyortir barang yang masih terpakai dan yang tidak. Terkadang kita dapat menemukan barang lama yang baru kita ingat keberadaaannya setelah dirapikan. 

Semua ini dapat kita lakukan perlahan. Tentu memulai perubahan akan membuat kita seolah memberantaki ruagan itu sesaat. Membongkar sana-sini, namun setelah usaha kita merapikan, muncul rasa bangga, semangat baru dan senang.

Ide ini mengingatkan saya pada kisah Dewi Hughes yang mengisahkan saat beliau kesal atau marah, maka yang dilakukan adalah... Merapikan lemari pakaian! Hm, menarik untuk dicoba bukan?

Melipat ulang dan menata rapi pakaian yang kurang rapi, mengeluarkan pakaian yang sudah bertahun-tahun tidak dipakai dan didonasikan, Andalah managernya.

Dua manfaat dalam satu waktu. Isi lemari terlihat manis dan rapi, demikian pula suasana hati kita mungkin akan menjadi lebih baik (terkadang, ilmu Feng Shui sangat terkait dengan efek psikologis serta pengkondisian aliran energi disamping getaran tanah). Kita pun dapat mencontoh dengan jalan masing-masing. Misalkan berkebun, merapikan koleksi, dan aktifitas lainnya seperti melukis, dll.

2. How to find Inspiration?

Lalu bagaimana kita berlatih melihat kesempatan atau opportunities?

Dikatakan jika pada tahun 2020 (video tersebut dibuat pada pertengahan tahun 2020 silam), maka terdapat pada arah southwest dari rumah. Namun lagi-lagi, karena tanpa pendapingan dari ahlinya, maka kita dapat mengandalkan feeling kita.

Yakni dengan cara memperhatikan ruangan mana yang biasanya kita melakukan aktifitas mengenai kesempatan untuk dapat inspirasi (entah membaca buku, bekerja, dsb). Jika di tempat tersebut seringkali tiba-tiba (secara mendadak) kita mendapat inspirasi mengenai kesempatan kita, maka di situlah tempat yang cocok bagi kita untuk mendapat melihat kesempatan (gagasan, ilham, ide, dsb) lebih besar.

Apapun itu, kita tidak perlu sepenuhnya percaya dengan apa yang kita dengar. Namun, beberapa hal yang sekiranya kita rasa ada baiknya, tidak ada salahnya menjadi ide untuk kita coba implikasikan πŸ˜‰

Tidak ada ruginya dicoba, yang penting kita tidak mencoba menantang teori-teori ilmu Feng Shui, yang merupakan semacam "kearifan lokal" yang diwariskan selama ribuan tahun secara turun-temurun sejak zaman nenek-moyang kalangan Tionghua dan sebagai suatu Chinese Wisdom karena memang terdapat filosofi dibalik setiap teorinya, sehingga kebenarannya patut tidak diragukan lagi, sudah teruji (tanpa mengurangi arti pentingnya pakar yang benar-benar pakar serta kompeten dibidang Feng Shui, bukan sekadar mengaku "pakar" namun bisa jadi "meleset" opininya dan bisa berakibat fatal bagi audiensnya yang mengikuti arahan).

Jadi penasaran, bagian mana dari rumah yang ingin kita rapikan minggu ini yaa? πŸ’¬

Warm regards,

Remember Thai Team

You Might Also Like

0 comments